Kamis 09 Jan 2020 11:54 WIB

Mencari Jawaban dari Makam Lina Jubaedah

Pembongkaran makam almarhum Lina berawal dari laporan Rizky Febian ke polisi

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Indira Rezkisari
Polisi membongkar makam almarhumah Lina, mantan istri komedian Sule di Sekelimus Utara 1, Kelurahan Batununggal, Bandung Kidul, Kota Bandung pada Kamis (9/1) pagi.
Foto: M. Fauzi Ridwan
Polisi membongkar makam almarhumah Lina, mantan istri komedian Sule di Sekelimus Utara 1, Kelurahan Batununggal, Bandung Kidul, Kota Bandung pada Kamis (9/1) pagi.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Meninggalnya Lina Jubaedah membawa kecurigaan bagi keluarga almarhum. Dari laporan sang anak, Rizky Febian dua hari lalu, kini makam Lina dibongkar kepolisian.

Pembongkaran makam bertujuan untuk mengambil jenazah Lina dan membawanya ke meja autopsi. Hasil autopsi jenazah mantan istri komedian Sule itu diperkirakan akan keluar dua pekan ke depan.

Baca Juga

Proses autopsi yang dilakukan tim forensik meliputi pemeriksaan dalam tubuh termasuk mengambil sampel untuk dicek di laboratorium. "Paling lambat 2 minggu (hasil autopsi keluar)," ujar Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Saptono Erlangga di lokasi pemakaman, Kamis (9/1).

Ia mengungkapkan, tim forensik yang terdiri dari Dokpol Polda Jawa Barat, dokter Polrestabes Bandung dan Rumah Sakit Hasan Sadikin melakukan pemeriksaan dalam tubuh. Selanjutnya akan dilakukan analisis penyebab kematian dan mengirimkan sampel ke laboratorium.

"Hari ini tim forensik bersama penyidik melakukan kegiatan autopsi terhadap mayat almarhumah bu Lina (untuk) mengetahui penyebab kematian," ujar Saptono Erlangga. Ia mengatakan pihak keluarga mengizinkan proses autopsi dilakukan.

Suami almarhumah Lina, Tedy, mengatakan pascapembongkaran makam istrinya, jenazah akan dibawa ke Nagrog, Ujung Berung untuk dimakamkan. Lokasi tersebut merupakan tempat pemakaman umum tempat kakek almarhumah dimakamkan pula.

"Hari ini juga dipindahkan, kepindahan itu berdasarkan rembug, ada hitam di atas putih. Kalau di Cimahi saya tidak setuju. Di Cimahi itu kan mantan," katanya.

Proses pembongkaran makam dilakukan oleh sejumlah polisi, area makan ditutupi oleh tenda. Sehingga prosesnya tidak terlihat.

Sejumlah warga sekitar penasaran terhadap proses pembongkaran dan beramai-ramai ingin menyaksikan. Terutama warga ingin melihat Rizky Febian, anak Lina yang juga seorang selebritas.

Keluarga besar almarhumah Lina hadir dalam proses pembongkaran makam. Terlihat isak tangis keluarga saat proses pemakaman berlangsung. selain Rizky Febian adapula anak Lina, Putri, yang melihat proses pembongkaran berlangsung.

Terkait laporan Rizky Febian, Erlangga mengatakan sampai saat ini masih proses penyelidikan. Beberapa saksi sudah dimintai keterangan termasuk saat olah tempat kejadian perkara di rumah almarhumah Lina.

Pihak keluarga berharap autopsi bisa menjelaskan penyebab kematian terhadap almarhumah Lina. "Mudah-mudahan lancar semuanya tidak ada kejanggalan lagi. Kami masih penasaran sejak meninggal (almarhumah)," ujar Yani, adik almarhumah Lina saat ditemui di lokasi pemakaman keluarga almarhumah di Sekelimus.

Ia mengungkapkan, kakaknya tersebut dimakamkan di Sekelimus karena keluarga besar suaminya, Tedy berada di sekitar sini. Yani mengaku sedih sebab sebelum meninggal belum pernah bertemu Lina.

"Setelah autopsi, (dimakamkan) di Nagrog, Ujung Berung hari ini juga," katanya. Anak almarhumah Lina, Rizky Febian dan Putri termasuk keluarga besar almarhumah hadir di lokasi pemakaman.

photo
Polisi membongkar makam almarhumah Lina, mantan istri komedian Sule di Sekelimus Utara 1, Kelurahan Batununggal, Bandung Kidul, Kota Bandung pada Kamis (9/1) pagi.

Kecurigaan Keluarga

Pada Selasa (7/1), Rizky membuat laporan atas kejanggalan kematian Lina. Namun tidak ada nama yang dijadikan terlapor. Tubuh dan leher Lina yang luka lebam membuat keluarga merasa ada kejanggalan.

Rizky Febian sebelumnya membantah penyebab ibunya meninggal dunia bukan dikarenakan penyakit serangan jantung. Berdasarkan cerita adiknya, Putri Delina, ibunya meninggal saat dalam perjalanan ke rumah sakit setelah pingsan tak sadarkan diri seusai melaksanakan ibadah shalat subuh.

"Mama sebelumnya masih sehat, jam 3 subuh itu mamah masih keluar makan, bercanda, kemudian shalat subuh, setelah shalat subuh kemudian Mama kejang-kejang, tiba-tiba Mama sudah pingsan di kasur, dan ternyata saat dibawa ke rumah sakit, dalam perjalanan sudah tidak ada," kata Rizky.

Sebelum meninggal, menurutnya, Lina tidak memiliki penyakit jantung. Hanya saja ibunya, kata dia, memiliki penyakit sesak napas dan asam lambung.

"Sebenarnya tidak ada sakit jantung, cuma cepat sesak, (asam) lambungnya naik, butuh oksigen, ketika kontrol Mama biasa, ketika check up jantung aman, paru-paru aman," kata pelantun lagu "Kesempurnaan Cinta" itu.

Sebelum ibunya tiada Rizky bercerita sempat seakan memiliki firasat. Menurutnya beberapa waktu lalu, ibunya sempat beberapa kali meminta untuk bertemu.

Kemudian saat bertemu, menurutnya Lina menyampaikan hal-hal yang ia anggap seperti pesan terakhir. Saat itu, ia memiliki firasat kurang baik terhadap ibunya.

"Ketika sampai ke tempat (bertemu dengan Lina) perasaan sudah tidak enak, obrolan Mama sudah menjurus, kaya Mama (berkata) melihat surga, ngomongin cara bersedekah, berpahala, memberikan pelajaran lainnya," kata Rizky.

Saat pemakaman Lina, mantan suaminya yakni komedian Sule juga turut hadir. Sule saat itu mengenakan kopiah dan baju berwarna hitam. Ia juga turut membantu proses pemakaman dengan memegang tikar bambu untuk menutupi liang lahat mantan istrinya saat dikuburkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement