Jumat 10 Jan 2020 10:15 WIB

Putin Awasi Uji Coba Rudal Hipersonik Dekat Krimea

Vladimir Putin mengawasi latihan militer dari kapal laut di Laut Hitam dekat Krimea

Rep: Lintar Satria/ Red: Christiyaningsih
Vladimir Putin mengawasi latihan militer dari kapal laut di Laut Hitam dekat Krimea. Ilustrasi.
Foto: EPA/Alexey Nikolsky
Vladimir Putin mengawasi latihan militer dari kapal laut di Laut Hitam dekat Krimea. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Presiden Rusia Vladimir Putin mengawasi latihan militer dari kapal laut di Laut Hitam dekat Krimea. Kremlin mengatakan dalam latihan tersebut juga digelar uji coba peluncuran rudal udara hipersonik Kinzhal.

Pada Jumat (10/1) Kremlin mengatakan sepasang pesawat jet interceptor MiG-31K menembakan target di tempat uji coba militer. Latihan tersebut melibatkan beberapa kapal angkatan laut Rusia.

Baca Juga

Rusia menganeksasi Krimea dari Ukraina pada 2014 lalu. Sejak itu mereka membangun infrastruktur militer di semenanjung tersebut.

Pertama kali Kinzhal tampil dihadapan publik ketika parade militer di Red Square pada Mei 2018 lalu dan salah satu dari beberapa pertunjukan senjata Rusia. Putin mengungkapkan senjata ini pada bulan Maret tahun yang sama.

Saat ini Putin juga mengungkapkan sistem rudal lain yang menurutnya tak terkalahkan. Ia menggambarkan sistem itu dapat menangkis semua pertahanan lawan.

Media Rusia mengatakan rudal tersebut dapat menghantam target sejauh dua ribu kilometer dengan hulu ledak nuklir atau konvensional. Sistem rudal itu sudah dikerahkan di distrik militer selatan Rusia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement