Ahad 12 Jan 2020 12:10 WIB

Pemkab Bogor Diminta Tunjuk Lahan Relokasi Korban Banjir

Relokasi harus berada di tempat yang aman dari bencana alam.

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

BOGOR, AYOBANDUNG.COM -- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bogor meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor dapat segera menentukan lahan untuk relokasi rumah penduduk yang terdampak banjir bandang dan tanah longsor. Secepatnya, DPRD mendesak, relokasi dibahas bersama untuk menentukan kebijakan.

Baca Juga

"Kami minta data betul-betul akurat sehingga itu akan menjadi basis data kami dalam menentukan kebijakan," kata Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Bogor Agus Salim kepada Republika.co.id, Sabtu (11/1).

Meskipun relokasi telah menjadi instruksi pemerintah pusat, Agus menyatakan, Pemkab Bogor harus membahas dengan anggota dewan. Sehingga, penentuan lahan disepakati bersama dan dapat segera dilakukan.

Namun, lanjut Agus, relokasi harus berada tempat yang aman dari bencana alam, khususnya tanah longsor. Jangan sampai, sambung Agus, rumah yang sudah direlokasi kembali terdampak bencana longsor. "Pernah, tempat yang sudah direlokasi sebelumnya terkena longsor lagi," tuturnya.

Sekitar tiga tahun yang lalu, relokasi pernah dilakukan Desa Cisarua, Kecamatan Sukajaya. Namun, rumah yang telah direlokasi kembali terdampak longsor pada awal tahun 2020.

Oleh karena itu, politikus PKS itu meminta, Pemkab Bogor dapat menjamin relokasi berada di tempat aman dari bencana longsor. Sehingga, kejadian serupa tak lagi terulang. "Kejadian yang lalu harus menjadi bahan evaluasi agar tidak terulang," kata dia.

Sebelumnya, Bupati Bogor Ade Munawaroh Yasin mengatakan, pihaknya sedang mencari lokasi yang layak untuk relokasi. Saat ini, kata Ade, pemkab sedang mengidentifikasi lahan untuk relokasi. "Tapi kalau nggak ada tanahnya harus dipindah ke lain desa. Diidentifikasi dulu per desa, per wilayah," jelas dia.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَلَا تَنْكِحُوا الْمُشْرِكٰتِ حَتّٰى يُؤْمِنَّ ۗ وَلَاَمَةٌ مُّؤْمِنَةٌ خَيْرٌ مِّنْ مُّشْرِكَةٍ وَّلَوْ اَعْجَبَتْكُمْ ۚ وَلَا تُنْكِحُوا الْمُشْرِكِيْنَ حَتّٰى يُؤْمِنُوْا ۗ وَلَعَبْدٌ مُّؤْمِنٌ خَيْرٌ مِّنْ مُّشْرِكٍ وَّلَوْ اَعْجَبَكُمْ ۗ اُولٰۤىِٕكَ يَدْعُوْنَ اِلَى النَّارِ ۖ وَاللّٰهُ يَدْعُوْٓا اِلَى الْجَنَّةِ وَالْمَغْفِرَةِ بِاِذْنِهٖۚ وَيُبَيِّنُ اٰيٰتِهٖ لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَذَكَّرُوْنَ ࣖ
Dan janganlah kamu nikahi perempuan musyrik, sebelum mereka beriman. Sungguh, hamba sahaya perempuan yang beriman lebih baik daripada perempuan musyrik meskipun dia menarik hatimu. Dan janganlah kamu nikahkan orang (laki-laki) musyrik (dengan perempuan yang beriman) sebelum mereka beriman. Sungguh, hamba sahaya laki-laki yang beriman lebih baik daripada laki-laki musyrik meskipun dia menarik hatimu. Mereka mengajak ke neraka, sedangkan Allah mengajak ke surga dan ampunan dengan izin-Nya. (Allah) menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia agar mereka mengambil pelajaran.

(QS. Al-Baqarah ayat 221)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement