Rabu 22 Jan 2020 03:33 WIB

Atasi Insomnia dengan Aerobik

Tidak semua olahraga memiliki sifat untuk menyembuhkan insomnia.

Rep: Redaksi Ceknricek.com (cek n ricek)/ Red: Redaksi Ceknricek.com (cek n ricek)
Tidur
Foto: pixabay
Tidur

CEKNRICEK.COM -- Salah satu musuh terbesar manusia adalah insomnia alias gangguan tidur. Insomnia ternyata cukup berbahaya dan bisa berpengaruh terhadap kesehatan karena sering diikuti oleh gangguan-gangguan fungsional tubuh lainnya saat bangun. Selain tubuh terasa lemas, insomia juga bisa membawa bermacam-macam perasaan cemas.

Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satunya yaitu dengan melakukan olahraga. Kok bisa? Berikut ulasan lengkapnya seperti yang telah dikutip geniusbeauty.com. 

Salah satu olahraga yang bisa Anda pilih untuk mengatasi insomnia adalah aerobik. Aerobik ternyata bisa berfungsi sebagai antidepresan. Hal ini diungkapkan oleh para ilmuwan di Universitas Sao Paulo menemukan hubungan antara aerobik dan insomnia. Tidak semua olahraga memiliki sifat untuk menyembuhkan insomnia, namun aerobik ternyata sangat berguna untuk hal tersebut. 

Baca Juga: 4 Kebiasaan Penyebab Insomnia

Para ilmuwan itu juga menyebutkan orang yang melakukan aerobik di tingkat kompleksitas terendah bisa meningkatkan waktu tidur mereka hingga 54 persen. 

Selain itu, total durasi tidur pun meningkat hingga 21 persen lebih lama. Kesehatan karena tidur yang cukup pun juga meningkat hingga 18 persen. Tidur memang dikenal sebagai penyembuh yang ampuh untuk berbagai penyakit karena saat tidur tubuh membentuk sel-sel tubuh yang baru.

Melakukan aerobik pun akan bermanfaat mengurangi gejala kecemasan. Olahraga ini juga tidak terlalu membuat tubuh merasa kelelahan. Secara umum, latihan aerobik meningkatkan kinerja jantung dan bermanfaat membangkitkan emosi positif seseorang. 

Bagaimana, Anda tertarik mencoba aerobik untuk hidup yang lebih sehat?

BACA JUGA: Cek OLAHRAGA, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.

Editor: Farid R Iskandar

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement