Senin 30 Dec 2019 23:01 WIB

Penumpang Angkasa Pura II Hingga Hari ke-11 Liburan Capai 3,2 Juta Orang

PT Angkasa Pura II mencatat jumlah penumpang pesawat di 16 bandara yang masuk operasional Angkasa Pura II selama 19-29 Desember 2019 mencapai 3,2 juta orang.

Rep: Thomas Rizal (cek n ricek)/ Red: Thomas Rizal (cek n ricek)
Sejumlah pekerja melakukan pengerjaan persiapan akhir pengoperasian Landasan Pacu atau Run Way 3 sisi utara Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (16/12/2019).
Foto: Antara
Sejumlah pekerja melakukan pengerjaan persiapan akhir pengoperasian Landasan Pacu atau Run Way 3 sisi utara Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (16/12/2019).

CEKNRICEK.COM -- PT Angkasa Pura II mencatat jumlah penumpang pesawat di 16 bandara yang masuk operasional Angkasa Pura II selama 19-29 Desember 2019 mencapai 3,2 juta orang. Adapun total pergerakan pesawat mencapai 23.666 pergerakan dengan tingkat ketepatan waktu (on time performance atau OTP) setiap hari rata-rata selalu di atas 80 persen.

“Dalam 11 hari, jumlah pergerakan penumpang pesawat di 16 bandara PT Angkasa Pura II sudah mencapai 3,2 juta penumpang. Ini angka yang moderat dan menandakan pergerakan berangsur normal kembali,” kata Direktur Utama AP II, Muhammad Awaluddin dalam keterangannya di Jakarta, Senin (30/12), seperti dilansir Antara.

Awaludin menilai data tersebut menunjukkan pergerakan penumpang pesawat domestik sudah kembali bergairah pada musim ramai libur akhir tahun ini. Pada 19-29 Desember 2019, pergerakan penumpang paling banyak ada di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, yakni mencapai 1,96 juta penumpang atau sekitar 60 persen dari total di 16 bandara.

Top 5 destinasi domestik dari Soekarno-Hatta selama Angkutan Nataru adalah Bali, Surabaya, Kualanamu, Makassar dan Yogyakarta. Untuk rute internasional, lima destinasi teratas dari Soekarno-Hatta adalah Singapura, Kuala Lumpur (Malaysia), Bangkok (Thailand), Jeddah (Arab Saudi) dan Hong Kong.

Tren positif pergerakan penumpang ini membuat PT Angkasa Pura II optimistis jumlah pergerakan penumpang selama Angkutan Natal dan Tahun Baru pada 19 Desember 2019 hingga 06 Januari 2020 dapat mencapai di atas lima juta penumpang.

Baca Juga: Kronologi Penangkapan Direktur Keuangan AP ll

“Kami akan upayakan jumlah penumpang pesawat pada Periode Angkutan Natal dan Tahun Baru bisa mencapai lima juta penumpang,” kata Muhammad Awaluddin.

Menurut data arus mudik, puncak pergerakan penumpang terjadi pada 20 Desember 2019, dengan jumlah penumpang di 16 bandara mencapai 322.514 penumpang. Sementara itu diperkirakan puncak arus balik akan terjadi pada Minggu (5/1), dengan perkiraan jumlah penumpang pesawat mencapai sekitar 311.000 penumpang.

PT Angkasa Pura II mengimbau agar penumpang pesawat tiba dua jam sebelum jadwal keberangkatan, agar memiliki waktu yang cukup dalam memproses keberangkatan di saat periode libur akhir tahun ini. Dalam mendukung kelancaran Angkutan Natal dan Tahun Baru ini, PT Angkasa Pura II mengoperasikan Posko Nataru dengan peralatan dan perlengkapan full digital serta menghadirkan fasilitas pelayanan berbasis digital bagi penumpang pesawat.

Pada periode sibuk ini PT Angkasa Pura II juga telah mengoperasikan landasan pacu ketiga dan east connection taxiway (ECT) guna memperlancar lalu lintas pesawat di sisi udara Bandara Internasional Soekarno-Hatta, sehingga pelayanan kepada maskapai dan juga penumpang pesawat dapat meningkat.

BACA JUGA: Cek OLAHRAGA, Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement