Jumat 07 Feb 2020 07:43 WIB

Definisi Cantik Menurut Perempuan Indonesia

Definisi "cantik" di mata perempuan Indonesia cukup beragam.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Mencuci wajah (Ilustrasi). Definisi
Foto: Huffingtonpost
Mencuci wajah (Ilustrasi). Definisi "cantik" di mata perempuan Indonesia cukup beragam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berbicara mengenai definisi "cantik", setiap orang bisa memiliki pendapat yang berbeda-beda. Salah satu pepatah mengatakan, "Cantik itu lebih dari apa yang terlihat oleh mata". Bagaimana pendapat perempuan Indonesia?

Head medical and training ZAP Clinic, dr Dara Ayuningtyas, mengatakan meskipun cantik dapat dimaknai dengan cukup luas, ternyata hampir seluruh responden pada 2019 memberikan jawaban yang sama dengan survei setahun sebelumnya. Sebesar 82,5 persen responden beranggapan bahwa cantik berarti memiliki kulit cerah dan bercahaya.

Baca Juga

Inilah sebabnya tren perawatan kecantikan yang menjadikan kulit wajah cerah dan glowing digemari mayoritas perempuan Indonesia. Mereka pun mengidentikkan wajah putih dan bercahaya dengan kesan perempuan cantik.

"Banyak yang pikir putih itu glowing. Enggak, mereka itu berpikir sempit," ujar Dara.

Menurut Dara, glowing itu bisa dilihat dari warna dan tekstur kulit. Warna asal dilihat tidak terlihat kemerahan atau adanya inflamasi, itu tone bagus di kulit.

"Kalau kulit gelap atau sawo matang belum tentu tidak glowing," jelasnya.

Untuk tekstur, kulit yang baik adalah halus. Dara menjelaskan, yang banyak dikhawatirkan adalah pori-pori besar. Ia mengungkapkan bahwa itu bisa diminimalisir, namun tidak mungkin dihilangkan.

Selain itu, kulit glowing adalah tidak ada jerawat. Kulit pun lebih sehat jika mulus tanpa bekas jerawat.

"Usahakan kalau ada jerawat, jangan diapa-apain. Sebaiknya diberikan tindakan atau pakai obat," ujar Dara.

Kulit kencang, menurut Dara, juga bisa menjadi ciri kulit yang sehat. Seiring bertambahnya usia, kolagen berkurang dan kekencangan kulit menurun.

Selain itu, dalam survei pada 2018, sebesar 40,9 persen perempuan menyatakan bahwa cantik adalah bertubuh sehat dan bugar. Setahun kemudian, 46,7 persen responden meyakini bahwa "cantik" adalah memperindah penampilan secara saksama dan secara keseluruhan.

Mengutip survei yang sama, Dara mengungkapkan sebanyak 81,7 persen perempuan Indonesia yang disurvei lebih memilih untuk menggunakan produk skin care yang tepat daripada menggunakan kosmetik semata. Hal ini menunjukan bahwa perempuan Indonesia telah memiliki kesadaran untuk melakukan perawatan hingga ke dasar kulit mereka.

Sebanyak 69,6 persen responden menginginkan produk perawatan dan kecantikan yang dapat mencerahkan kulit mereka. Namun, Dara mengungkapkan bahwa kebutuhan akan produk perawatan kecantikan bagi setiap generasi perempuan Indonesia memiliki perbedaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement