Sabtu 08 Feb 2020 22:06 WIB

Parasite Telah Raih 55 Penghargaan dari 57 Festival Film

Parasite juga menjadi film asing yang berkompetisi di ajang Oscar 2020.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Andri Saubani
Film Parasite.
Foto: ptanime.com
Film Parasite.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL-- Film besutan sutradara Bong Joon-ho, Parasite dinominasikan dalam enam kategori di Oscar 2020, yang akan digelar pada Senin (10/2) pagi WIB. Enam kategori tersebut adalah film terbaik, sutradara terbaik, skenario terbaik, editing terbaik, desain produk terbaik dan film fitur internasional terbaik.

Film tersebut juga sudah diundang ke-57 festival film dan acara penghargaan di seluruh dunia, serta 55 trofi. Pada Mei 2019, film tentang pembagian kelas melalui dua keluarga ekstrem mendapat hadiah tertinggi Palme d'Or di Cannes Film Festival.

Baca Juga

Parasite menjadi hit besar pada 2019 dan mulai menerima rentetan penghargaan. Sebulan kemudian, film ini memenangkan hadiah utama di Sydney Film Festival 2019.

Sementara itu aktor Song Kang-ho, yang memerankan ayah dari keluarga kelas bawah dalam film itu, menerima Excellence Award di Locarno International Film Festival di Swiss pada Agustus lalu.  Pun, Parasite menerima penghargaan  festival film di Amerika Utara, Eropa, Asia dan Timur Tengah, termasuk Calgary International Film Festival, Ulaanbaatar International Film Festival di Mongolia dan Slemani International Film Festival di Irak.

Di Screen Actors Guild Awards 2020, film ini menjadi film berbahasa non Inggris pertama yang memenangkan penghargaan tertinggi atas kinerja luar biasa oleh para pemeran dalam film. Seperti yang dilansir dari Korea Herald, Sabtu (8/2), sutradara Bong menerima penghargaan skenario asli terbaik di Writers Guild of America Awards dan British Academy of Film and Television Arts (BAFTA) Awards.

Selain itu, Parasite telah meraup serangkaian penghargaan utama sehingga dianggap menjadi indikator kuat pemenang Academy Awards yang dijadwalkan tayang Ahad mendatang. Film tersebut juga melawan 1917 untuk kategori film terbaik.

Academy Awards diselenggarakan rutin setiap tahun oleh Academy of Motion Pictures Arts and Sciences (AMPAS). Tahun ini acara tersebut akan digelar di Dolby Theatre di Los Angeles.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement