Rabu 12 Feb 2020 12:47 WIB

Ribuan Rumput Vetiver Ditanam Demi Cegah Longsor

Ribuan rumput vetiver ditanam di tanggul Sungai Cimanuk untuk antisipasi longsor

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
 Ribuan rumput vetiver ditanam di tanggul Sungai Cimanuk untuk antisipasi longsor. Ilustrasi.
Foto: Flickr
Ribuan rumput vetiver ditanam di tanggul Sungai Cimanuk untuk antisipasi longsor. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU - Ribuan rumput vetiver ditanam di tanggul Sungai Cimanuk Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Penanaman dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya longsor yang bisa mengakibatkan banjir.

"Kita perkuat tanggul Sungai Cimanuk dengan penanaman rumput vetiver, terutama yang sudah kritis," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Indramayu Edi Kusdiana di Indramayu, Rabu (12/2).

Baca Juga

Edi mengatakan jumlah rumput vetiver yang ditanam pada kali ini yaitu sebanyak 58.280 batang. Penanaman rumput melibatkan instansi seperti TNI, Polri, dan masyarakat.

Penanaman rumput vetiver diharapkan bisa meminimalkan dan mengantisipasi terjadinya longsor tanggul Sungai Cimanuk terutama yang sudah kritis. "Karena akar dari rumput vetiver itu panjangnya lima sampai enam meter dan kekuatannya juga bisa diandalkan," ujarnya.

Edi menambahkan untuk penanaman rumput vetiver pada Rabu (12/2) dilakukan di tanggul Sungai Cimanuk yang berada di Desa Penyindangan Kulon, Kecamatan Sindang, Kabupaten Indramayu. Nantinya, kata Edi, pihaknya akan terus melakukan penanaman rumput tersebut di beberapa titik yang menjadi rawan longsor.

"Kami juga akan menanam rumput ini di tanggul yang lain. Terutama yang sudah kritis," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement