Rabu 12 Feb 2020 17:14 WIB

Sekjen PBNU: Gus Kikin Rendah Hati dan Tawadhu

Gus Kikin menggantikan Gus Sholah memimpin Pesantren Tebuireng.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Sekjen PBNU: Gus Kikin Rendah Hati dan Tawadhu. Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj (kanan) bersama sekjen Helmy Faishal Zaini (kiri).
Foto: Republika/Prayogi
Sekjen PBNU: Gus Kikin Rendah Hati dan Tawadhu. Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj (kanan) bersama sekjen Helmy Faishal Zaini (kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Helmy Faishal Zaini menuturkan KH. Abdul Hakim Mahfudz (Gus Kikin) adalah sosok yang tepat memimpin Pondok Pesantren Tebuireng Jombang, Jawa Timur. Menurutnya, Gus Kikin merupakan pribadi yang tawadhu dan rendah hati meski punya nasab ke pendiri NU Hadratus Syekh Hasyim Asy'ari.

"Gus Kikin pribadi yang humble (rendah hati), beliau tawadhu. Tidak sungkan juga untuk selalu hormat bukan hanya pada kalangan atas tapi juga pada (kalangan) di bawah," ujar dia kepada Republika.co.id, Rabu (12/2).

Baca Juga

Dengan kemampuan manajemen Gus Kikin, Ponpes Tebuireng akan menjadi pesantren yang unggul dan tetap bisa menjaga kejayaan Ponpes Tebuireng yang bersejarah sebagai pesantren pelopor. Dia berharap Ponpes tersebut dapat terus menjaga dakwah Islam yang moderat dan toleran.

Gus Kikin kini menjadi Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, meneruskan KH. Salahuddin Wahid (Gus Sholah) yang telah wafat pada 2 Februari lalu. Dipilihnya Gus Kikin untuk memimpin Pesantren berusia lebih dari seabad itu sebagaimana amanat yang diberikan oleh Gus Sholah.

"Sudah (jadi keputusan). Itu sudah melalui proses panjang dengan rapat keluarga. Sampai kemudian Gus Sholah memutuskannya begitu. Jadi tidak langsung menunjuk, ada prosesnya. Hingga akhirnya memutuskan saya (sebagai Pengasuh Pesantren Tebuireng)," kata Gus Kikin.

Gus Kikin adalah cicit dari Pendiri NU Hadratus Syekh Hasyim Asy'ari. Dia merupakan anak dari almarhum KH Mahfudz Anwar dan sepupu almarhum Gus Sholah. Gus Kikin adalah generasi ke-8 dalam kepengasuhan Ponpes Tebuireng.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement