Rabu 12 Feb 2020 19:04 WIB

Formula E Melaju 2,6 Kilometer di Monas

Pemprov mengebut persiapan penyelenggaraan balap Formula E.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Indira Rezkisari
Jalanan sekitar Monas akan menjadi lokasi balapan Formula E di Jakarta.
Foto: Antara/Aprillio Akbar
Jalanan sekitar Monas akan menjadi lokasi balapan Formula E di Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, akhirnya bersurat ke Ketua Komisi Pengarah Kawasan Medan Merdeka yaitu Menteri Sekretaris Negara (Mensetneg) Pratikno terkait rencana penyelenggaraan dan rute lintasan balap Formula E di kawasan Monas dan Medan Merdeka.

Dalam surat bernomor 61/-1.857.23 tertanggal 11 Februari 2020 tersebut dijelaskan trek dan rute lintasan balap Formula E sepanjang 2,6 kilometer dengan 11 tikungan. "Pemprov DKI akan menaati Undang-undang (UU) Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cagar Budaya dan mengikuti semua rekomendasi Pemerintah Pusat dalam menyelenggarakan ajang ini," sebut Anies dalam surat tersebut.

Baca Juga

Arah lintasan akan melalui kawasan Medan Merdeka Selatan di depan Balai Kota. Lalu berbelok ke kanan Jalan Silang Merdeka Barat Daya, berbelok ke kiri di jalan Tugu Monas bagian barat, dan memutar ke kanan ke jalan Tugu Monas menuju jalan Pelataran Merdeka.

Selanjutnya berbelok ke kiri di jalan Pelataran Merdeka bagian timur dan memutar Jalan pelataran Merdeka bagian timur menuju Jalan Silang Monas Tenggara arah selatan Gambir. Untuk kemudian berbelok ke kanan ke Jalan Medan Merdeka Selatan di depan Kedubes AS.

Di dalam surat tersebut juga dijelaskan kawasan tiga bangunan utama pendukung Formula E 2020 Jakarta. Di antaranya kawasan E-Village dan Fan Zone, wahana edukasi dan rekreasi publik yang memperkenalkan teknologi ramah lingkungan terbaru.

Kawasan area kedua, bangunan B merupakan area VIP berupa Presidential Suite, Emotion Club, dan Local Hospitality. Area ini terbatas untuk menjamu tamu-tamu VIP dengan akses langsung ke arah garasi mobil pebalap dan titik awal balapan. Kemudian bangunan ketiga, bangunan C merupakan lokasi untuk media dan staf pelaksana kegiatan.

Setelah mendapatkan persetujuan Komisi Pengarah, akhirnya Pemprov DKI Jakarta mengebut persiapan jelang penyelenggaraan balap Formula E. Pemprov DKI dalam waktu dekat akan segera membangun fasilitas dan  infrastruktur lintasan dan pendukung di kawasan Medan Merdeka dan sekitarnya.

Pemprov DKI Jakarta mempercayakan kepada PT Jakarta Propertindo (Jakpro) yang akan mempersiapkan pembangunan fasilitas dan infrastruktur pendukung balap Formula E. Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah mengungkapkan beberapa hari ke depan, infrastruktur tersebut akan segera disiapkan.

"Jakpro sudah mulai melakukan persiapan-persiapan infrastrukturnya, jadi memang harus didetail, tapi nanti kita minta bantuan semua pihak untuk mensosialisasikan ini semuanya bahwa akan ada ajang E Formula di kawasan Medan Merdeka," kata Saefullah.

Sekda menyebut pembangunan infrastruktur pendukung Formula E ditarget selesai pada bulan April. Karena April sudah masuk uji coba serta persiapan akhir dan Juni pelaksanaan.

"Jadi dua bulan sebelum event itu harus sudah ada uji coba," imbuhnya.

Dikebutnya pembangunan Infrastruktur pendukung Formula E ini, lanjut Saefullah untuk mengejar ketertinggalan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement