Jumat 14 Feb 2020 00:42 WIB

Longsor di Tasikmalaya, Belasan Bangunan Terdampak

Lonsoran tanah itu disebabkan hujan deras dengan intensitas tinggi.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Andi Nur Aminah
Bangunan terdampak longsor (ilustrasi)
Foto: Bayu Adji P
Bangunan terdampak longsor (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Bancana tanah longsor terjadi Desa Sukabakti, Kecamatan Sodonghilir, Kabuapaten Tasikmalaya, Kamis (13/2) sore. Akibat peristiwa itu, belasan bangunan terdampak.

Berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya yang diterima Republika, tanah longsor pada Kamis sekira pukul 15.20 WIB. Lonsoran tanah itu disebabkan hujan deras dengan intensitas tinggi yang terjadi di wilayah kecamatan Sodonghilir.

Baca Juga

"Korban jiwa nihil," kata Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Kabupaten Tasikmalaya, Dede Sudrajat saat dikonfirmasi Republika, Kamis malam.

Kendati demikian, tanah longsor itu menyebabkan jalan akses desa terancam tergusur. Selain itu, bencana juga mengakibatkan empat rumah tertimpa longsor, enam rumah terancam, serta sebuah madrasah dan sebuah masjid terancam tergusur longsor.

Ia menambahkan, pihaknya telah memberikan imbauan kepada masyarakat setempat memberi agar berhati-hati saat melewati jalan tersebut. Sementara penghuni rumah yang terancam juga diminta untuk mengungsi sementara waktu di rumah kerabat atau tetangganya.

Di lokasi yang tak jauh berbeda, kejadian tanah longsor juga menimpa Jalan Cigugur, akses menuju Desa Sukabakti dan membuat jalan itu tertutup total. Untuk sementara, jalan itu tidak bisa dilalui. "Kita telah memasang garis polisi di sekitar area longsoran," kata Dede.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement