Sabtu 15 Feb 2020 23:15 WIB

UBSI Fasilitasi Sertifikasi Kompetensi Dosen Se-Kalbar

Kegiatan itu didukung APTIKOM Kalimantan Barat.

Red: Irwan Kelana
Dosen-dosen (peserta) Serkom Skema Programmer dan Sistem Analis yang diselenggarakan di UBSI Kampus Pontianak.
Foto: Dok UBSI
Dosen-dosen (peserta) Serkom Skema Programmer dan Sistem Analis yang diselenggarakan di UBSI Kampus Pontianak.

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Kampus Pontianak bekerja sama dengan APTIKOM (Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer) Kalimantan Barat menggelar kegiatan ‘Sertifikasi Kompetensi untuk Dosen Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Se-Kalimantan Barat’. Kegiatan sertifikasi tahap 1 ini berlangsung sejak 08 – 09 Februari 2020 di Kampus UBSI Kota Pontianak.

Kegiatan ini juga bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Informatika dan Universitas Tanjungpura (UNTAN).  Adapun  Sertifikasi Kompetensi (serkom) yang diselenggarakan adalah sertifikasi di bidang Teknologi Informasi Dan Komputer (TIK).

Sebanyak 29 dosen dari beberapa universitas, di antaranya UBSI Kampus Pontianak, UNTAN, dan IKIP Pontianak menjadi peserta sertifikasi ini. Sebanyak  tiga Asesor Kompetensi (Askom)  bertugas untuk menguji semua peserta. Mereka adalah  Agung Sasongko (Askom dari UBSI) dan dua asesor lainnya dari LSP Informatika, yakni Farisya Setiadi dan Albaar Rubhasy.Tursina, ketua panitia kegiatan ini mengungkapkan bahwa sertifikasi kompetensi dosen merupakan hal yang sangat penting. 

“Dosen-dosen Teknik Informatika UNTAN diharapkan dapat meningkatkan kompetensi diri dengan lulus Uji Sertifikasi Kompetensi Skema Programmer dan Sistem Analis agar kami dapat segera membentuk P1 dan TUK mandiri seperti Universitas Bina Sarana Informatika,” ujarnya dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Muhammad Sony Maulana selaku sekretaris APTIKOM Kalimantan Barat menjelaskan kegiatan ini merupakan lanjutan dari proses kerja sama antara APTIKOM Kalimantan Barat, UBSI dan UNTAN. 

“Dengan dilaksanakannya serkom Skema Programmer dan Sistem Analis yang didukung oleh LSP Informatika, diharapkan tahap selanjutnya lebih banyak lagi PTN/PTS di Kalimantan Barat yang memiliki jurusan komputer bekerja sama dengan APTIKOM Kalimantan Barat untuk menggelar sertifikasi kompetensi bidang TIK dengan SKKNI 2019,” jelas Sony.

Sementara itu Albaar Rubhasy, kepala Bidang Sertifikasi LSP Informatika mengatakan secara umum kompetensi dosen-dosen Teknik Informatika UBSI, UNTAN dan IKIP Pontianak yang mengikuti sertifikasi sudah tergolong baik. Namun, tetap perlu ada upaya peningkatan kualitas dan keilmuan terkini di bidang TIK.

Sony berharap dengan diadakannnya kegiatan ini, dosen-dosen Komputer dapat memiliki kompetensi sesuai dengan kemampuannya dan dapat diakui serta dibuktikan dengan memiliki sertifikat kompetensi bidang TIK dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement