Senin 24 Feb 2020 15:55 WIB

Penataan Objek Wisata Jayawijaya Capai 99 Persen

Jayawijaya tidak menjadi tuan rumah PON XX, namun bisa menjadi tujuan wisata.

Red: Muhammad Fakhruddin
Penataan objek wisata Jayawijaya capai 99 persen. Puncak Gunung Jayawijaya
Foto: wisatasenibudaya.com
Penataan objek wisata Jayawijaya capai 99 persen. Puncak Gunung Jayawijaya

REPUBLIKA.CO.ID,WAMENA -- Penataan atau pembangunan sejumlah fasilitas di kawasan wisata Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua dalam menyambut PON XX tahun 2020 sudah 99 persen. Pemerintah Jayawijaya mengalokasikan Rp 7 miliar dari dana alokasi khusus (DAK) tahun 2019 untuk pembangunan sejumlah fasilitas di tiga objek wisata, termasuk di Pasir Putih.

"Alokasi ini dibangun untuk tiga lokasi, yaitu Pasir Putih, Goa Koantilola dan kawasan Agro Wisata di Distrik Pyramid," kata  Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jayawijaya Alpius Wetipo di Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya, Senin (24/2).

Alpius Wetipo mencontohkan objek wisata Pasir Putih yang terletak di Distrik Pisugi. Di lokasi itu telah dibangun menara pandang setinggi lima meter, tujuh pondok wisata, satu tempat ibadah, satu mandi cuci kakus (MCK) dua pintu, lahan parkir, gapura dan pagar. "Di Pasir Putih sudah 99 persen selesai, tinggal tangga untuk menara padang itu yang belum selesai," katanya 

Objek wisata yang sedang dibenahi itu nantinya diserahkan kepada masyarakat setempat untuk mengelolanya. "Khusus untuk pengelolaan Pasir Putih ini kita akan kasi ke masyarakat untuk kelola itu. Tetapi kita harus perda-kan besaran biaya agar bisa gampang untuk kita kontrol mereka," katanya.

Pemkab Jayawijaya memiliki sekitar empat kawasan wisata yang diunggulkan untuk menarik retribusi, misalnya Pasir Putih, Kolam Renang Sogokmo, Kampung Wisata di Obia dan salah satu taman di Distrik Welesi.

Sebelumnya Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua mengatakan walaupun Jayawijaya tidak menjadi tuan rumah PON XX, namun bisa menjadi tujuan wisata bagi peserta PON. "Jayawijaya adalah tempat wisata jadi kami tetap antisipasi dengan mengelola objek-objek wisata. Kami sedang memagar beberapa objek wisata seperti Pasir Putih," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement