Kamis 27 Feb 2020 00:42 WIB

Komisi Pengarah Cek Pohon-Pohon di Monas

Pengambilan sampel untuk memastikan efek revitalisasi Monas terhadap pohon yang ada.

Red: Teguh Firmansyah
Pohon-pohon baru tertanam di lokasi revitalisasi Plaza Selatan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Selasa (4/2).
Foto: Republika/Prayogi
Pohon-pohon baru tertanam di lokasi revitalisasi Plaza Selatan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Selasa (4/2).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dewan Komisi Pengarah Medan Merdeka melakukan pengambilan sampel terhadap pohon-pohon di kawasan Revitalisasi Monas, Rabu.

Ketua Tim Asistensi Komisi Pengarah Medan Merdeka dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI, Profesor Bambang Hero menyebutkan sampling itu dilakukan untuk memastikan efek revitalisasi Monas terhadap pohon-pohon yang masih bertahan.

Baca Juga

"Itu memastikan apakah dari penebangan telah terjadi perusakan atau sebagainya. Nah itu kita ambil sampel. Makanya saya bawa ahli perusakan," kata Bambang saat melakukan sampling di area revitalisasi Monas sisi selatan, Jakarta, Rabu.

Ada tujuh orang peneliti yang termasuk dalam tim KLHK yang ditugaskan untuk mengecek dan mengambil contoh pohon dan kondisi tanah di revitalisasi TIM.

Pengecekan awal dilakukan dengan mengukur diameter masing- masing pohon yang menjadi bahan sampling.

Selanjutnya pihak KLHK mengambil tanah yang dekat dengan pohon yang dijadikan sampel. Tanah itu dimasukkan ke dalam kantung plastik dan wadah plastik, pengambilan sampel juga dilakukan di lokasi yang berbeda- beda.

Saat ini sudah beberapa jenis pohon yang dijadikan sampel yaitu Pohon Mahoni, Trembesi, dan Palem, Sengon, Beringin dan Gemelina Arborea.

Ada juga pengambilan sampel batang kayu dari pohon-pohon yang sudah ditebang untuk jenis Mahoni.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement