Ahad 01 Mar 2020 22:44 WIB

Dinkes Sumsel Minta Masyarakat Berperilaku Hidup Bersih

Perilaku hidup bersih cegah penularan corona.

Red: Ani Nursalikah
Dinkes Sumsel Minta Masyarakat Berperilaku Hidup Bersih. Foto ilustrasi petugas mempraktikkan cara mencuci tangan yang benar.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Dinkes Sumsel Minta Masyarakat Berperilaku Hidup Bersih. Foto ilustrasi petugas mempraktikkan cara mencuci tangan yang benar.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Dinas Kesehatan Sumatra Selatan (Dinkes Sumsel) meminta masyarakat meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) untuk mencegah gangguan kesehatan dan penularan virus Covid-19 atau corona.

Kepala Dinas Kesehatan Sumsel  Lesty Nuraini mengatakan peningkatan PHBS dilakukan dengan menurunkan petugas kesehatan ke kawasan permukiman penduduk untuk mengedukasi masyarakat.

Baca Juga

"Masyarakat harus memperhatikan indikator PHBS seperti mencuci tangan menggunakan air bersih dan sabun, mengonsumsi sayur dan buah-buahan serta olahraga," katanya, Ahad (1/3).

Guna mencegah penyakit yang biasa muncul pada musim hujan sekarang ini dan penyebaran virus Covid-19, masyarakat diimbau mencuci tangan dengan air bersih dan sabun sebelum menyentuh makanan, menggunakan air bersih untuk minum dan memasak makanan, serta menggunakan masker ketika melakukan aktivitas di luar rumah/ruangan terbuka. Dia menjelaskan, PHBS merupakan salah satu pilar utama dalam gerakan Indonesia Sehat serta bagian dari strategi mengurangi beban negara dan masyarakat dalam pembiayaan kesehatan.

PHBS adalah sebuah rekayasa sosial untuk menjadikan sebanyak mungkin anggota masyarakat sebagai agen perubahan guna meningkatkan kualitas perilaku sehari-hari dengan tujuan hidup bersih dan sehat. Tujuan utama dari gerakan PHBS adalah meningkatkan kualitas kesehatan melalui proses penyadartahuan yang menjadi awal dari kontribusi individu dalam menjalani perilaku kehidupan sehari-hari yang bersih dan sehat.

Melalui upaya tersebut diharapkan masyarakat bisa terhindar dari segala penyakit, termasuk virus Covid-19 yang penyebarannya dari Wuhan, China cukup cepat dan meluas ke berbagai negara. Virus Covid-19 belum ditemukan di Sumsel dan Indonesia, dengan meningkatkan PHBS diharapkan negara ini benar-benar terbebas dari penyakit yang disebabkan virus tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement