Rabu 04 Mar 2020 08:24 WIB

Menkes Ingatkan Masyarakat Jaga Imunitas Tubuh

Menjaga imunitas tubuh dapat dilakukan dengan tidur cukup dan makanan bergizi.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Ani Nursalikah
Menkes Ingatkan Masyarakat Jaga Imunitas Tubuh. Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.
Foto: ASPRILLA DWI ADHA/ANTARA FOTO
Menkes Ingatkan Masyarakat Jaga Imunitas Tubuh. Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengingatkan masyarakat cara agar terhindar dari virus corona arau Covid-19. Hal utama yang harus dilakukan adalah menjaga imunitas tubuh, hati serta pikiran.

"Untuk bisa mencegah, terhindar dari Covid-19 ini adalah yang paling utama adalah imunitas tubuh. Kembali saya harus katakan imunitas tubuh kita," ujar Terawan di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa (3/3) malam.

Baca Juga

Menurut dia, menjaga imunitas tubuh dapat dilakukan dengan menjaga jam tidur serta asupan makanan untuk tubuh. Selain itu, gerakan masyarakat (germas) sehat juga perlu dilaksanakan oleh masyarakat di dalam situasi seperti ini. Hal lain yang juga perlu diperhatikan kondisi hati dan pikiran.

"Bukan hanya karena germas, juga hati pikiran kita namanya psikoneuroimunologis. Kalau kita mendapatkan persepsi hal-hal yang salah terus, membuat kita khawatir, cemas ya, imunitas tubuh kita ikut turun," katanya.

Terawan juga kembali mengatakan, berdasarkan standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), masyarakat yang dalam kondisi sehat tidak perlu menggunakan masker. Masker diperuntukkan bagi orang sakit.

"Yang sakitlah yang pakai masker. Yang sehat tidak perlu, kecuali dia melakukan tindakan-tindakan di rumah sakit dan sebagainya sehingga dia memerlukan alat masker karena untuk menjaga sterilitas," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement