Senin 09 Mar 2020 23:47 WIB

Pelatih Kaya FC-Iloilo Senang Pluim Absen

Willem Jan Pluim menjalani sanksi larangan bertanding.

Red: Israr Itah
Pesepak bola PSM Makasar Willem Jan Pluim (kanan) dibayangi pesepak bola Persita Tangerang Aditia Gigis Hermawan (kiri) menggiring bola pada pertandingan putaran pertama Shopee Liga 1 2020 di Stadion Sport Centre Kelapa Dua, Tangerang, Banten, Jumat (6/3/2020).(Antara/Muhammad Iqbal)
Foto: Antara/Muhammad Iqbal
Pesepak bola PSM Makasar Willem Jan Pluim (kanan) dibayangi pesepak bola Persita Tangerang Aditia Gigis Hermawan (kiri) menggiring bola pada pertandingan putaran pertama Shopee Liga 1 2020 di Stadion Sport Centre Kelapa Dua, Tangerang, Banten, Jumat (6/3/2020).(Antara/Muhammad Iqbal)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih klub wakil Filipina Kaya FC-Iloilo Oliver Colina mengaku senang kapten PSM Makassar Willem Jan Pluim absen saat kedua tim bersua dalam laga lanjutan Grup H Piala AFC 2020 di Jakarta, Selasa (10/3).

“Pluim itu pemain yang sangat bagus dan sangat berpengaruh di skuat. Kami merasa senang dia absen,” kata Oliver dalam konferensi pers pralaga di Jakarta, Senin (9/3).

Baca Juga

Meski demikian, pria yang juga dikenal dengan sebutan Bingbing Colina itu menyadari bahwa PSM bukan hanya Pluim. Masih banyak pemain lain di skuat berjuluk Juku Eja yang dapat menciptakan bahaya di pertahanan skuatnya.

“PSM memiliki banyak pemain bagus, pemain asing mereka juga berkualitas baik. Dan, perlu diingat, kami bermain di kandang mereka,” tutur Oliver.

Willem Jan Pluim tidak dapat bermain saat PSM menghadapi Kaya FC karena menjalani sanksi larangan bertanding. Gelandang asal Belanda itu mendapatkan kartu merah, hasil dua kartu kuning, ketika PSM menghadapi wakil Timor Leste Lalenok FC dalam laga leg kedua Kualifikasi Piala AFC 2020 pada Rabu (29/1).

Dia pun harus absen kala timnya melawan Tampines Rovers di Singapura pada laga perdana mereka di Grup H Piala AFC 2020, Rabu (19/2).

Namun, AFC menambah hukuman larangan bertanding Pluim menjadi tiga kali. Artinya, selain kontra Tampines, Pluim pun tidak bisa merumput dalam laga melawan Shan United pada Rabu (26/2) dan Kaya FC-Iloilo pada Selasa (10/3) yang semuanya digelar di Jakarta.

Walau begitu, bek Kaya FC Simone Rota juga menganggap bahwa PSM adalah tim kuat, terlepas dari ada atau tidaknya Pluim di skuat.

“Mereka tim kuat. Namun, kami sudah mempersiapkan diri selama dua pekan untuk laga ini. Setiap poin penting bagi kami demi lolos ke babak berikutnya,” kata Simone.

Pertandingan Grup H Piala AFC 2020 PSM Makassar versus Kaya FC-Iloilo berlangsung mulai pukul 15.30 WIB di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (10/3).

Kaya FC datang ke laga tersebut sebagai pemuncak klasemen sementara Grup H dengan empat poin dari dua pertandingan. Sementara PSM bertengger di peringkat ketiga grup dengan tiga poin dari dua laga.

Kedua tim pernah bersua di Grup H Piala AFC 2019. Ketika itu, PSM bermain imbang 1-1 di laga kandang dan menang 1-2 saat bertandang ke Filipina.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اِنَّآ اَنْزَلْنَا التَّوْرٰىةَ فِيْهَا هُدًى وَّنُوْرٌۚ يَحْكُمُ بِهَا النَّبِيُّوْنَ الَّذِيْنَ اَسْلَمُوْا لِلَّذِيْنَ هَادُوْا وَالرَّبَّانِيُّوْنَ وَالْاَحْبَارُ بِمَا اسْتُحْفِظُوْا مِنْ كِتٰبِ اللّٰهِ وَكَانُوْا عَلَيْهِ شُهَدَاۤءَۚ فَلَا تَخْشَوُا النَّاسَ وَاخْشَوْنِ وَلَا تَشْتَرُوْا بِاٰيٰتِيْ ثَمَنًا قَلِيْلًا ۗوَمَنْ لَّمْ يَحْكُمْ بِمَآ اَنْزَلَ اللّٰهُ فَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْكٰفِرُوْنَ
Sungguh, Kami yang menurunkan Kitab Taurat; di dalamnya (ada) petunjuk dan cahaya. Yang dengan Kitab itu para nabi yang berserah diri kepada Allah memberi putusan atas perkara orang Yahudi, demikian juga para ulama dan pendeta-pendeta mereka, sebab mereka diperintahkan memelihara kitab-kitab Allah dan mereka menjadi saksi terhadapnya. Karena itu janganlah kamu takut kepada manusia, (tetapi) takutlah kepada-Ku. Dan janganlah kamu jual ayat-ayat-Ku dengan harga murah. Barangsiapa tidak memutuskan dengan apa yang diturunkan Allah, maka mereka itulah orang-orang kafir.

(QS. Al-Ma'idah ayat 44)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement