Selasa 10 Mar 2020 23:21 WIB

Polisi Amankan Lintas Sulawesi yang Terancam Putus

Jalur lintas sulawesi ini menghubungkan Prov Gorontalo dan Kabupaten Buol.

Red: Andi Nur Aminah
Anggota TNI membantu warga saat menyebrangi jalan yang berlumpur akibat longsor di Desa Santanamekar, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Senin (2/3/2020).(Antara/Adeng Bustomi)
Foto: Antara/Adeng Bustomi
Anggota TNI membantu warga saat menyebrangi jalan yang berlumpur akibat longsor di Desa Santanamekar, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Senin (2/3/2020).(Antara/Adeng Bustomi)

REPUBLIKA.CO.ID, GORONTALO -- Kepolisian Gorontalo Utara mengamankan jalur lalu lintas Sulawesi di bagian barat wilayah tersebut yang menghubungkan antara Provinsi Gorontalo dan Kabupaten Buol, Provinsi Sulawesi Tengah. Jalanan itu kondisinya saat ini terancam putus.

Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Anggrek, Ipda Jaka Wiharja, di Gorontalo, Selasa (10/3) mengatakan pengamanan jalur lalu lintas di Desa Garapia, Kecamatan Monano, sangat diperlukan mengingat kondisi jalan ambles dan terus menunjukkan pergerakannya. "Kami menempatkan personel untuk mengatur arus lalu lintas, termasuk melakukan pengecekan di lokasi jalan amblas," ujar Jaka.

Ia menggambarkan kondisi jalan yang sewaktu-waktu ambles dan memutus akses transportasi lintas Sulawesi bagian barat Gorontalo Utara, dimana kondisi jalan tersebut di sebelah atas terdapat areal tanaman jagung. Jaraknya sekitar 100 meter ke bagian atas dari badan jalan yang kondisinya rusak berat dan dapat menyebabkan longsor susulan jika curah hujan tinggi.

Sementara di bawah badan jalan, sekitar 100 meter terdapat areal tanaman mangrove. Kondisi tanahnya terus bergerak, ditandai tiang listrik yang ada di sisi jalan telah miring dengan keadaan kabel mengencang.

Sementara titik utama jalan yang amblas atau mengalami penurunan mencapai tiga meter tersebut, terus dialiri air dari sumber mata air sehingga kondisi jalan berlumpur tidak terhindarkan dan mempersulit kendaraan yang akan melintas.

"Jika tidak ada pengerahan personel, dikhawatirkan arus kendaraan dapat tertahan lama," ungkapnya.

Saat ini, personel TNI dari Kodim 1314 dan pihak Kepolisian setempat, bersama masyarakat terus berada di lokasi untuk membantu pengamanan termasuk memandu kendaraan yang akan melintas.

Pemerintah provinsi dan Balai Jalan juga telah menempatkan alat berat untuk melakukan upaya penanggulangan, namun bersifat evakuasi sementara. Sebab diprediksi, jika tidak dilakukan upaya penanggulangan mengatasi jalan ambles tersebut, maka jalan berlumpur akan semakin turun, serta sangat berbahaya jika dilintasi kendaraan sebab.

Kondisi yang ada saat ini bisa menyebabkan kecelakaan lalu lintas. Bahkan jika hujan deras kembali mengguyur kata Jaka, diprediksi sekitar 30 meter jalan ambles tersebut akan longsor parah dan hilang. Kondisi itu menyebabkan jalan utama akan lumpuh total.

Jajaran TNI dan Kepolisian yang bertugas di lokasi, yaitu KBO Satuan Lantas Polres Gorontalo Utara, Iptu Sutino, Danramil 1314-08 Sumalata, Peltu Syafrudin Suleman, personel Koramil Sumalata, Kwandang dan para Babinsa, personel Sat Lantas Polres Gorontalo Utara, personel unit Sabhara Polsek Anggrek, serta aparat desa dan masyarakat Desa Garapia.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاِذَا تُتْلٰى عَلَيْهِمْ اٰيٰتُنَا بَيِّنٰتٍ تَعْرِفُ فِيْ وُجُوْهِ الَّذِيْنَ كَفَرُوا الْمُنْكَرَۗ يَكَادُوْنَ يَسْطُوْنَ بِالَّذِيْنَ يَتْلُوْنَ عَلَيْهِمْ اٰيٰتِنَاۗ قُلْ اَفَاُنَبِّئُكُمْ بِشَرٍّ مِّنْ ذٰلِكُمْۗ اَلنَّارُۗ وَعَدَهَا اللّٰهُ الَّذِيْنَ كَفَرُوْاۗ وَبِئْسَ الْمَصِيْرُ ࣖ
Dan apabila dibacakan di hadapan mereka ayat-ayat Kami yang terang, niscaya engkau akan melihat (tanda-tanda) keingkaran pada wajah orang-orang yang kafir itu. Hampir-hampir mereka menyerang orang-orang yang membacakan ayat-ayat Kami kepada mereka. Katakanlah (Muhammad), “Apakah akan aku kabarkan kepada-mu (mengenai sesuatu) yang lebih buruk dari itu, (yaitu) neraka?” Allah telah mengancamkannya (neraka) kepada orang-orang kafir. Dan (neraka itu) seburuk-buruk tempat kembali.

(QS. Al-Hajj ayat 72)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement