Selasa 17 Mar 2020 10:00 WIB

Atasi Covid-19, Kagama Keluarkan Seruan

Ada enam imbauan yang mesti dilakukan anggota Kagama.

Red: Muhammad Akbar
PP KAGAMA menggelar Seminar III Pra-Munas KAGAMA bertajuk “Kesehatan Indonesia Menghadapi Revolusi Industri 4.0”
Foto: Istimewa
PP KAGAMA menggelar Seminar III Pra-Munas KAGAMA bertajuk “Kesehatan Indonesia Menghadapi Revolusi Industri 4.0”

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pengurus Pusat Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (PP KAGAMA) mengimbau pada seluruh pengurus dan anggotanya untuk secara bersama sama mengatasi penyebaran wabah virus Corona.

Sekretaris Jenderal PP Kagama, AAGN Ari Dwipayana, mengatakan ada enam imbauan  yang mesti dilakukan sebagai upaya mengatasi penyebaran wabah Covid-19.

Pertama, kata dia, melakukan social distancing untuk mencegah penularan Covid-19.“Caranya menjaga jarak ketika berinteraksi dengan orang lain, mengurangi pertemuan, menghindari tempat berkumpulnya orang banyak. Sedapat mungkin melakukan aktivitas kegiatan dan pekerjaan dari rumah,” jelasnya.

Kedua, kata Ari, menunda pelaksanaan kegiatan Kagama yang mengumpulkan orang banyak,  seperti menyelenggarakan acara diskusi, seminar, pelatihan, kopdar, rapat-rapat kerja, musda, muscab, serta acara pelantikan. Hal ini mesti dilakukan sampai wabah Covid-19 bisa terkendali dengan baik.

“Semua program kegiatan ditunda dulu,” ujar Koordinator Staf Khusus Presiden ini.

Imbauan ketiga, ujar Ari, agar masyarakat selalu menjaga hidup sehat dengan melaksanakan arahan WHO/ Kementerian Kesehatan RI. “Pertama, dengan sering cuci tangan menggunakan sabun/ hand-rub berbasis alkohol,” tutur Ari.

“Kedua, menggunakan masker bila batuk atau pilek, atau menggunakan tisu sekali pakai dan membuangnya di tempat tertutup.”

“Ketiga, mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang, memperbanyak sayur, dan buah; Keempat, rajin olahraga dan istirahat yang cukup; Kelima, bila batuk dan sesak nafas segera ke fasilitas kesehatan,” tambahnya.

Ia juga meminta untuk mendoakan saudara-saudara yang meninggal akibat serangan Covid-19 maupun yang saat ini sedang dirawat di rumah sakit karena terinfeksi.

“Secara khusus mohon doa untuk kesembuhan Wakil Ketua Umum PP Kagama/Menteri Perhubungan RI, Pak Budi Karya Sumadi, yang dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 dan saat ini sedang dalam perawatan di rumah sakit,” kata Ari.

Untuk iimbauan kelima, Ari menyerukan agar semua pihak saling menguatkan, bersatu, menjaga kekompakan, serta aktif mengajak masyarakat agar tetap tenang.

“Masyarakat diminta tidak mudah terprovokasi dan termakan kabar kibul (hoax).  Juga membantu pemerintah dalam edukasi, deteksi, dan reaksi cepat serta mitigasi ikutannya sebagai dampak penyebaran wabah virus corona,” ujarnya.

Selanjutnya Ari meminta semua bentuk partisipasi aktif untuk membantu penanganan penyebaran virus Corona. “Harap dikoordinasikan dengan pemerintah daerah serta dilaporkan ke posko KAGAMA-UGM Sinergi Atasi Covid-19,” kata  alumnus FISIPOL UGM ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement