Rabu 18 Mar 2020 06:49 WIB

Petenis Dunia Respons Negatif Perubahan Jadwal French Open

Jadwal baru French Open bakal menciptakan bentrok dengan banyak turnamen tenis.

Red: Israr Itah
Petenis Naomi Osaka merespons negatif perubahan jadwal grand slam French Open.(EPA-EFE/Alex Plavevski)
Foto: EPA-EFE/Alex Plavevski
Petenis Naomi Osaka merespons negatif perubahan jadwal grand slam French Open.(EPA-EFE/Alex Plavevski)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perubahan jadwal turnamen tenis kelas Grand Slam French Open dari Mei-Juni ke September-Oktober karena terdampak pandemi global Covid-19 tak direspons positif oleh para petenis top dunia. Hal itu tidak lepas dari fakta bahwa jadwal baru French Open bakal menciptakan bentrok dengan banyak turnamen dalam kalender ATP maupun WTA musim 2020.

French Open yang awalnya dijadwalkan berlangsung 24 Mei hingga 7 Juni di Roland Garros, Paris, kini digeser ke 20 September sampai 4 Oktober, atau baru digelar sepekan setelah Grand Slam lainnya US Open rampung.

Kini jadwal baru French Open bakal bentrok dengan Laver Cup, ajang beregu yang biasanya mempertemukan tim terbaik Eropa melawan tim terbaik Dunia. French Open juga akan bentrok dengan ATP Tour di Metz, St. Petersburg, Chengdu, Sofia dan Zhuhai serta WTA Tour di Guangzhou, Seoul, Tokyo dan Wuhan.

"Yang benar saja???" tulis dua kali juara Grand Slam Naomi Osaka dalam bahasa Prancis melalui akun Twitter pribadinya, @naomiosaka.

"Sekali lagi, kami tahunya dari Twitter," cicit petenis Argentina Diego Schwartzman dalam bahasa Spanyol di Twitter pribadinya. 

Petenis Kanada Vasek Pospisil, yang menduduki kursi Dewan Pemain ATP, juga sempat merespons keputusan itu dengan reaksi keras bahkan mengkiritik minimnya komunikasi dari penyelenggara ke pemain di ATP.

"Ini gila. Pengumuman besar Roland Garros mengubah jadwal sepekan setelah US Open. Tak ada komunikasi dengan pemain di ATP. Kami TAK PUNYA suara di olahraga ini. Sudah saatnya. #UniteThePlayers," demikian cicit Pospisil dalam akun Twitter pribadinya, @VasekPospisil.

Tetapi belakangan ia menghapus cicitan tersebut dan mengeluarkan komentar yang lebih diplomatis sembari menyebut dirinya berusaha untuk tak bersikap arogan yang bisa membuat keadaan lebih negatif.

"Ini saat yang sulit. Semua orang terdampak musibah ini. Meningkatkan komunikasi dan bekerja sama mencari solusi seharusnya jadi prioritas. Saya tak ingin tergesa-gesa dan mengambil sikap egois/arogan yang bisa mempengaruhi musim menjadi lebih buruk. #RolandGarros," cicit Pospisil beberapa jam berselang.

Pihak panitia penyelenggara French Open bersikeras sudah berkomunikasi dengan ATP, WTA maupun ITF mengenai keputusan mereka menggeser jadwal ke September-Oktober.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement