Selasa 31 Mar 2020 17:19 WIB

Momentum Pertumbuhan MPMX Terus Berlanjut 

Pendapatan konsolidasi 2019 tumbuh sebesar 6 persen.

Red: Fernan Rahadi
MPM Motor
Foto: dokpri
MPM Motor

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan konsumer otomotif dan transportasi Indonesia PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX), melaporkan kinerja Perseroan tahun finansial 2019 dengan hasil yang menunjukkan pertumbuhan berlanjut dari kinerja pada akhir 2018. Perseroan melanjutkan momentum pertumbuhannya dengan membukukan pendapatan konsolidasi 2019 tumbuh sebesar 6 persen atau senilai Rp 16,8 triliun dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya yaitu Rp 15,9 triliun.

Laba yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk tercatat sebesar Rp 433 miliar, merupakan laba tertinggi dalam 5 tahun terakhir (tidak termasuk keuntungan luar biasa di tahun 2018 yang diperoleh dari divestasi bisnis pelumas) didorong oleh pertumbuhan laba dari anak perusahaan, penurunan biaya bunga dan penghentian beberapa bisnis yang tidak menguntungkan. 

Pencapaian kinerja keuangan di tahun 2019 ditopang oleh hasil kinerja yang baik dari beberapa anak perusahaan. Di segmen distribusi, ritel dan aftermarket, MPMulia membukukan pertumbuhan penjualan dan laba yang solid selama periode pelaporan dan terus mempertahankan posisi pangsa pasar yang kuat di wilayah Jawa Timur dan NTT. 

Sedangkan untuk MPMParts dan Bidbox.id akan terus berupaya meningkatkan kinerja perusahaan dengan memperkuat kemampuan kompetitifnya dan berfokus pada efisiensi operasional dan produktivitas penjualan.  

Anak perusahaan yang berfokus pada layanan keuangan yaitu MPMInsurance berhasil mempertahankan kinerja yang sehat dan mendapatkan rekognisi dan penghargaan seperti “Best General Insurance 2019” dari Media Asuransi. Sementara Entitas Asosiasi kami, JACCS MPMFinance juga mendapatkan penghargaan “The Best Performing Multifinance 2019” berdasarkan kinerja keuangan tahun 2017-2019 dengan kategori aset 10 triliun dari Media Infobank.  

Adapun untuk segmen transportasi, upaya yang baik telah menunjukkan peningkatan dan perbaikan di MPMRent yang berdampak pada keseluruhan profitabilitas Perseroan. MPMRent akan terus meningkatkan kinerja perusahaan dengan berfokus kepada strategi pemasaran, strategi penetapan harga, memanfaatkan teknologi dan data untuk menawarkan layanan penyewaan. 

"Fokus kami untuk memperhatikan portofolio Perseroan dengan sangat cermat dan dengan mengambil beberapa langkah penting yaitu restrukturisasi dan perampingan beberapa bisnis yang tidak menguntungkan di tahun 2018 telah terbayarkan dan membuat kemajuan nyata ditandai dengan meningkatnya keseluruhan profitabilitas Perseroan," kata Group Chief Executive Officer MPMX, Suwito Mawarwati, dalam siaran persnya, Selasa (31/3).

Suwito menambahkan, lini bisnis yang beragam dan melingkupi hulu hingga hilir yang dimiliki oleh Grup MPM memberikan keuntungan dan kompetensi bagi Perseroan karena setiap segmen bisnis dapat saling melengkapi. Ini merupakan kekuatan Perseroan yang kami yakini masih memiliki potensi kuat untuk pertumbuhan lebih lanjut. 

"Ke depannya, untuk menjaga momentum ini, kami akan secara konsisten memastikan bahwa cost leadership, peningkatan produktivitas, dan pertumbuhan positif arus kas operasional diimplementasikan secara terus menerus dan berkelanjutan di seluruh lini bisnis Perseroan," ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement