Rabu 01 Apr 2020 14:44 WIB

Stok Beras di Sleman Cukup Sampai Enam Bulan

Bupati mengimbau masyarakat agar tidak menimbun atau membeli beras berlebihan.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq
Bupati Sleman, Sri Purnomo.
Foto: Republika/Wahyu Suryana
Bupati Sleman, Sri Purnomo.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Bupati Sleman, Sri Purnomo, memastikan ketersediaan beras di Kabupaten Sleman. Hal itu disampaikan langsung setelah Sri melaksanakan panen raya padi di Bulang Jabung, Desa Pandowoharjo, Kecamatan Sleman, DIY.

"Dengan produktivitas 57,25 kuintal per hektare dalam luas 7.576 hektare, dapat menambah ketersediaan beras sejumlah 27.766 ton dan dapat dipastikan cukup untuk ketersediaan hingga enam bulan ke depan," kata Sri, Rabu (1/4).

Ia menjelaskan, produktivitas dalam panen padi di Sleman sudah ditunjang sistem panen dengan menggunakan mesin padi (combine harvester). Sistem ini dinilai mampu menekan biaya yang biasa dikeluarkan.

Tidak cuma lebih baik menekan biaya dari panen padi secara manual, tapi dirasa lebih baik dari sistem-sistem yang lain sejauh ini. Maka itu, ia mengimbau masyarakat agar tidak menimbun atau membeli beras berlebihan.

"Jangan sampai terjadi panic buying padahal ketersediaan pangan kita mencukupi," ujar Sri.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman, Heru Saptono menambahkan, ada beberapa komoditas pangan yang selama ini masih mengalami surplus. Setidaknya, masih cukup sampai April 2020.

"Yaitu, beras sebanyak 39.377 ton, cabai 222 ton, daging ayam 5.576 ton, telur 494 ton, dan ikan sebanyak 4.916 ton," kata Heru.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَمَا تَكُوْنُ فِيْ شَأْنٍ وَّمَا تَتْلُوْا مِنْهُ مِنْ قُرْاٰنٍ وَّلَا تَعْمَلُوْنَ مِنْ عَمَلٍ اِلَّا كُنَّا عَلَيْكُمْ شُهُوْدًا اِذْ تُفِيْضُوْنَ فِيْهِۗ وَمَا يَعْزُبُ عَنْ رَّبِّكَ مِنْ مِّثْقَالِ ذَرَّةٍ فِى الْاَرْضِ وَلَا فِى السَّمَاۤءِ وَلَآ اَصْغَرَ مِنْ ذٰلِكَ وَلَآ اَكْبَرَ اِلَّا فِيْ كِتٰبٍ مُّبِيْنٍ
Dan tidakkah engkau (Muhammad) berada dalam suatu urusan, dan tidak membaca suatu ayat Al-Qur'an serta tidak pula kamu melakukan suatu pekerjaan, melainkan Kami menjadi saksi atasmu ketika kamu melakukannya. Tidak lengah sedikit pun dari pengetahuan Tuhanmu biarpun sebesar zarrah, baik di bumi ataupun di langit. Tidak ada sesuatu yang lebih kecil dan yang lebih besar daripada itu, melainkan semua tercatat dalam Kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh).

(QS. Yunus ayat 61)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement