Selasa 21 Apr 2020 13:57 WIB

Perempuan Diminta Dampingi dan Edukasi Anak Selama PSBB

Perempuan sebagai ibu pasti memiliki peran selama PSBB.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Andi Nur Aminah
Pokja Infeksi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PP-PDPI), Erlina Burhan
Foto: Republika TV/Fian Firatmaja
Pokja Infeksi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PP-PDPI), Erlina Burhan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tepat di Hari Kartini yang diperingati setiap 21 April,  Dokter spesialis paru Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan Erlina Burhan meminta para perempuan bisa berperan menyukseskan mencegah penularan virus corona SARS-CoV2 (Covid-19). Caranya dengan ikut melakukan beberapa hal selama pembatasan sosial berskala besar (PSBB) termasuk mendampingi anak-anak belajar di rumah.

Menurut Erlima, perempuan sebagai ibu pasti memiliki peran selama PSBB. "Karena semua orang-orang ada di rumah, termasuk anaknya yang masih sekolah. Jadi sekiranya ibu-ibu di rumah dan anak-anak tinggal di rumah dan mendampingi anak-anak belajar," ujarnya saat video conference akun Yotube saluran Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Selasa (21/4).

Baca Juga

Ia menambahkan, ibu-ibu rumah tangga juga bisa menciptakan suasana nyaman di rumah. Selain itu, ia meminta kaum ibu memberikan edukasi kepada keluarga mengapa harus mencuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak, hingga menyediakan makanan bergizi dan seimbang. "Ini penting," katanya.

Kalaupun harus bekerja di luar rumah seperti dirinya, ia meminta ibu-ibu pekerja ini minimal bertanya pada anaknya mengenai aktivitasnya dan hari ini mempelajari apa saja. Selain itu, Erlina juga meminta para ibu-ibu ini ikut berpartisipasi memberikan semangat individu yang melakukan isolasi di rumah. "Motivasi ini jadi hal penting," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement