Jumat 24 Apr 2020 10:25 WIB

IHSG Terkoreksi Terimbas Pelemahan Bursa Kawasan

Pergerakan IHSG hari ini memiliki kecenderungan melemah.

Red: Nidia Zuraya
Pekerja melintas di depan layar yang menampilkan informasi pergerakan harga saham di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta. ilustrasi
Foto: Antara/Muhammad Adimaja
Pekerja melintas di depan layar yang menampilkan informasi pergerakan harga saham di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indeks Harga Saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Jumat (24/4) pagi terkoreksi seiring pelemahan bursa kawasan Asia. Pada pukul 09.20 WIB, IHSG dibuka melemah 14,01 poin atau 0,3 persen ke posisi 4.579,58.

Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 bergerak turun 1,67 poin atau 0,24 persen menjadi 683,05. "Mendapatkan arahan negatif dari Wall Street, IHSG diperkirakan akan bergerak sideways dengan kecenderungan melemah pada hari ini," tulis Tim Riset Phintraco Sekuritas dalam laporan yang dikutip di Jakarta, Jumat (24/4).

Baca Juga

Selain sentimen negatif dari Wall Street, potensi aksi ambil untung (profit taking) investor pada hari ini juga diperkirakan akan memicu pelemahan. Dari dalam negeri, investor juga akan mencermati rilis data pertumbuhan kredit periode Maret 2020. Diperkirakan, pertumbuhan kredit akan tumbuh sebesar 7,5 persen (yoy) pada Maret 2020.

Masih dari dalam negeri, investor juga akan mencermati penangan kasus COVID-19 di Indonesia. Sebagai catatan, pemerintah baru saja menetapkan larangan mudik untuk menekan penyebaran wabah Covid-19.

Mempertimbangkan sentimen diatas, investor disarankan sebaiknya tidak tergesa-gesa dalam melakukan akumulasi beli. Investor dapat mencermati peluang "trading buy" terhadap sejumlah saham-saham yang belum mencatatkan penguatan signifikan pada perdagangan Kamis (23/4) kemarin.

Investor disarankan juga mewaspadai saham-saham yang berkaitan dengan aktivitas mudik. Adanya larangan mudik dari pemerintah Indonesia menjadi sentimen negatif bagi saham-saham tersebut.

Bursa saham regional Asia pagi ini antara lain indeks Nikkei melemah 153,8 poin atau 0,79 persen ke 19.275,6, indeks Hang Seng melemah 96,8 poin atau 0,4 persen ke 23.880,5, dan indeks Straits Times melemah 25,78 poin atau 1,01 persen ke 2.516,59.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
لَقَدْ كَفَرَ الَّذِيْنَ قَالُوْٓا اِنَّ اللّٰهَ هُوَ الْمَسِيْحُ ابْنُ مَرْيَمَ ۗوَقَالَ الْمَسِيْحُ يٰبَنِيْٓ اِسْرَاۤءِيْلَ اعْبُدُوا اللّٰهَ رَبِّيْ وَرَبَّكُمْ ۗاِنَّهٗ مَنْ يُّشْرِكْ بِاللّٰهِ فَقَدْ حَرَّمَ اللّٰهُ عَلَيْهِ الْجَنَّةَ وَمَأْوٰىهُ النَّارُ ۗوَمَا لِلظّٰلِمِيْنَ مِنْ اَنْصَارٍ
Sungguh, telah kafir orang-orang yang berkata, “Sesungguhnya Allah itu dialah Al-Masih putra Maryam.” Padahal Al-Masih (sendiri) berkata, “Wahai Bani Israil! Sembahlah Allah, Tuhanku dan Tuhanmu.” Sesungguhnya barangsiapa mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka sungguh, Allah mengharamkan surga baginya, dan tempatnya ialah neraka. Dan tidak ada seorang penolong pun bagi orang-orang zalim itu.

(QS. Al-Ma'idah ayat 72)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement