Sabtu 25 Apr 2020 02:52 WIB

Undip Ubah Ujian Tulis Masuk S1 Jadi Seleksi Portofolio

Undip telah membuka pendaftaran ujian mandiri S1 sejak 21 April 2020.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Nur Aini
Universitas Diponegoro (Undip)
Foto: undip.ac.id
Universitas Diponegoro (Undip)

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Universitas Diponegoro (Undip) telah membuka jalur Ujian Mandiri (UM) S1. Pendaftaran secara daring dan pembayaran biaya pendaftaran telah dimulai tanggal 21 April 2020.

"Batas waktu pendaftaran dan pembayaran bakal berakhir pada 20 Juli 2020 mendatang," ungkap Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan, Budi Setiyono di Semarang, Jumat (24/4).

Baca Juga

Budi mengatakan, dengan mempertimbangkan situasi nasional akibat pandemi Covid-19 yang belum kunjung mereda, maka penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri yang sedianya dilaksanakan dengan ujian tertulis diganti dengan seleksi UM S1 berdasarkan portofolio. Untuk itu, peserta wajib mengisi data portofolio yakni raport semester 1 sampai dengan semester 5 dan atau prestasi lainnya yang diunggah melalui aplikasi yang telah disediakan panitia seleksi mandiri Undip.

Peserta dapat memilih salah satu dari tiga pilihan jalur pendaftaran, yakni jalur reguler, kemitraan dan golongan tidak mampu (khusus bagi pemegang Kartu Indonesia Pintar/KIP). Adanya tiga jalur pilihan tersebut dimaksudkan agar calon mahasiswa dapat menyesuaikan pilihan dengan kemampuan keuangan keluarga calon mahasiswa.

"Sebab masing- masing pilihan jalur tersebut memiliki konsekwensi keuangan yang juga berbeda," ujarnya, dalam keterangan resminya.

Agar bisa mendapatkan informasi yang lebih jelas mengenai persyaratan seleksi dan tata cara pendaftaran seleksi mandiri ini, calon mahasiswa bisa mengakses laman um.undip.ac.id atau bisa juga melalui akun media sosial Undip official, masing- masing, Twiter @undip, IG @undip.official atau FB @undip.official.

"Pengumuman nama calon mahasjswa yang lolos seleksi bakal dilaksanakan tanggal 30 Juli 2020 mendatang," kata Budi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement