Selasa 28 Apr 2020 16:48 WIB

In Picture: Lintas Ekbis: Potong Rantai Distribusi, Tekan Harga Gula

.

Red: Yogi Ardhi

Warga antre untuk membeli gula pada operasi pasar yang digelar di Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (28/4/2020). Operasi pasar gula yang digelar oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Tengah bekerja sama dengan distributor tersebut menjual gula sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET) atau Rp12.500/kg. (FOTO : ANTARA/Mohamad Hamzah)

Sejumlah pesawat dari beberapa maskapai penerbangan diparkir di Apron Bandara El Tari Kupang, NTT,Selasa (28/4/2020). Setelah pemerintah melarang penerbangan khusus angkutan penumpang mencegah penyebaran COVID-19 aktivitas di satu-satunya bandara internasional di NTT itu tampak sepi. (FOTO : Antara/Kornelis Kaha)

Petugas melintas di Terminal Purabaya, Bungurasih, Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (28/4/2020). Pengelola Terminal Purabaya mengosongkan semua bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) dan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) terkait adanya larangan operasional sementara bus saat penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, dan Kabupaten Gresik guna untuk mencegah penyebaran virus corona (COVID-19). (FOTO : Antara/Umarul Faruq)

Karyawan Bulog menunjukkan situs belanja daring ipanganandotcom di gudang Bulog Medan, Sumatera Utara, Senin (27/4/2020). Untuk mendukung kebijakan pemerintah yang melarang masyarakat beraktivitas di luar rumah akibat merebaknya COVID-19, Perum Bulog menyediakan kemudahan layanan belanja daring kebutuhan bahan pokok yang akan diantar langsung ke rumah konsumen (FOTO : ANTARA/septianda perdana)

Sebuah truk pengangkut barang dari Nusa Tenggara Barat melintas di dermaga Pelabuhan Padangbai, Karangasem, Bali, Selasa (28/4/2020). Pelabuhan Padangbai masih beroperasi namun terbatas hanya untuk kendaraan pengangkut barang atau Logistik, penumpang menuju Pulau Nusa Penida, dan penumpang dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Provinsi NTB menyusul kebijakan pemerintah setempat yang mengizinkan warganya pulang kampung di tengah pandemi COVID-19. (FOTO : ANTARA/Nyoman Hendra Wibowo)

inline

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto menyatakan, harga gula akan diarahkan turun dalam beberapa hari ke depan. Di antaranya dengan memotong mata rantai distribusi.

Ia mengakui, saat ini harga gula di pasaran masih tinggi. Bahkan mencapai Rp 17 ribu per kilogram (kg), padahal Harga Eceran Tertinggi (HET) gula sebesar Rp 12.500 per kg.

"Berkat kerja sama dengan Satgas Pangan, ditemukan ada pelelangan sebesar Rp 12.900 per kg, sehingga menimbulkan harga ke distributor Rp 15 ribu per kg. Ujungnya di pasaran sekitar Rp 17 ribu per kg, kurang lebih seperti itu," jelasnya dalam konferensi pers di Jakarta pada Selasa (28/4). Berikut berita foto lintas ekonomi dan bisnis selengkapnya.

sumber : Antara Foto
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement