Jumat 01 May 2020 23:50 WIB

Kinerja TPK Belawan Pelindo I Meningkat di Q1

Januari hingga Maret 2020, trafik bongkar muat di terminal domestik meningkat.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Fuji Pratiwi
Aktivitas bongkar muat peti kemas di pelabuhan (ilustrasi). Terminal Peti Kemas (TPK) Belawan yang dikelola PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 optimistis terhadap kinerja bongkar muat barang yang menunjukkan peningkatan trafik.
Foto: Antara/Nova Wahyudi
Aktivitas bongkar muat peti kemas di pelabuhan (ilustrasi). Terminal Peti Kemas (TPK) Belawan yang dikelola PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 optimistis terhadap kinerja bongkar muat barang yang menunjukkan peningkatan trafik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terminal Peti Kemas (TPK) Belawan yang dikelola PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 optimistis terhadap kinerja bongkar muat barang yang menunjukkan peningkatan trafik.

General Manager TPK Belawan Indra Pamulihan mengatakan, arus kunjungan kapal selama Januari hingga Maret 2020 sebanyak 218 call yang meliputi terminal internasional dan domestik. Sementara itu, bongkar muat barang petikemas selama periode kuartal- I (Q-1) 2020 sebanyak 211.026 box.

Baca Juga

"Angka ini mengalami kenaikan bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2019 yakni 208.843 box yang merupakan jumlah bngkar muat peti kemas di dua cabang: Belawan International Container Terminal (BICT) dan Terminal Peti Kemas Domestik Belawan (TPKDB)," ujar Indra dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id di Jakarta, Jumat (1/5).

Indra menyebut realisasi bongkar muat tersebut setara dengan 267.456 TEUs yang tumbuh meningkat dibandingkan kuartal I – 2019 yang sebesar 265.975 TEUs. Indra menerangkan peningkatan arus bongkar muat di TPK Belawan untuk kuartal I tahun 2020 menunjukkan pertumbuhan yang positif.

"TPK Belawan mencatatkan realisasi bongkar muat barang selama periode kuaratal I sebesar 3.600.256 ton di terminal internasional dan domestik yang naik 0,36 persen dibandingkan dengan realisasi kuartal I tahun 2019 yang sebesar 3.473.627 ton," ucap Indra. 

Kata Indra, selama periode Januari hingga Maret 2020, trafik bongkar muat di TPK Belawan cenderung mengalami peningkatan untuk di terminal domestik, sedangkan untuk terminal internasional sedikit menurun di bulan Februari namun mulai meningkat kembali di bulan Maret. Ia optimists ke depannya trafik bongkar muat peti kemas di TPK Belawan akan menunjukkan tren positif.

Indra memaparkan TPK Belawan memiliki dua terminal yakni terminal A untuk pelayanan internasional dan terminal B untuk pelayanan domestik. Selama triwulan I ini, komoditi unggulan di terminal domestik meliputi: alat tulis kantor, bahan makanan, besi, dan tepung. Sedangkan untuk komoditi impor unggulan meliputi pupuk, chemical, makanan ternak serta komoditi ekspor unggulannya yakni palm oil, chemical, dan karet.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement