Selasa 05 May 2020 09:24 WIB

Spesies Beruang yang Hilang 150 Tahun Kembali Muncul

Spesies Beruang yang Hilang 150 Tahun Kembali Muncul di Spanyol.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nora Azizah
Spesies Beruang yang Hilang 150 Tahun Kembali Muncul di Spanyol (Foto: ilustrasi beruang)
Foto: Lucy Nicholson/Reuters
Spesies Beruang yang Hilang 150 Tahun Kembali Muncul di Spanyol (Foto: ilustrasi beruang)

REPUBLIKA.CO.ID, GALICIA -- Seorang kru film yang bekerja di barat laut Spanyol telah menangkap penampakan beruang coklat pertama kali setelah 150 tahun.  Kamera tersebut merupakan bagian dari sebuah proyek dokumenter "Montaña ou Morte" yang telah dimulai sejak dua tahun lalu.

Kamera yang terpasang di Taman Alam O Invernadeiro, di Ourense, Galicia, adalah proyek dokumentasi beruang jantan muda yang diperkirakan berusia sekitar tiga hingga lima tahun. Rumah produksi Zeitun Films menyatakan, gambar terbaru itu memperlihatkan beruang muncul di rerumputan di depan satu kamera dan kamera penglihatan malam menunjukkan hewan itu menggaruk punggungnya di batang pohon.

Baca Juga

"Setelah bertahun-tahun bekerja konservasi, kawasan lindung O Invernadeiro telah menjadi habitat yang cocok untuk beruang coklat," demikian bunyi pernyataan proyek produksi oleh Felipe Lage dan disutradarai oleh Pela del Alamo, dikutip dari CNN, Selasa (5/5).

Para kru bekerja dengan para ahli lingkungan di Taman Alam O Invernadeiro untuk bisa mendapatkan potongan gambar langka tersebut. Beruang itu diperkirakan akan tinggal di O Invernadeiro sepanjang musim dingin, artinya taman tersebut akan dapat mendukung populasi beruang lain di masa depan.

Beruang coklat telah menjadi spesies yang dilindungi di Spanyol sejak tahun 1973 dan secara historis diketahui hidup di wilayah Galicia. Hanya saja, setiap tahun jumlah beruang terus menurun.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement