Jumat 08 May 2020 11:35 WIB

Inter dan AC Milan Siap Renovasi Stadion San Siro

Konsep renovasi San Siro dirancang Populos dan Manica/Sportium.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Israr Itah
Stadion San Siro, Milan.
Foto: Daniele Mascolo/Reuters
Stadion San Siro, Milan.

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- Dua klub Serie A Italia yang bermarkas di Kota Milan, Inter Milan dan AC Milan berencana merenovasi Stadion San Siro atau Giuseppe Meazza. Proyek itu akan dilakukan kedua klub dengan dua konsep yang berbeda. 

Pemugaran itu didesain oleh grup arsitek Populous dan Manica/Sportium dengan mengubah beberapa bagian stadion dan membangun gedung baru untuk parkir mobil. 

Baca Juga

"Dua proposal konstruksi merupakan hasil diskusi yang sudah dikembangkan dengan parlemen dan pemerintah kota sejak November 2019," bunyi pernyataan resmi yang dikutip Football Italia, Jumat (8/5). 

Konsep yang dirancang Populos dan Manica/Sportium memungkinkan perubahan stadion dari 56 ribu persegi hingga mencapai 106 ribu meter persegi.

"Pemugaran akan menggabungkan aspek retail, olahraga, budaya dan rekreasi di dalam ruang dan luar ruang, seperti trek lari, jalur sepeda, gym, taman skate board, lapangan kecil dan museum olahraga," kata pernyataan tersebut.

Dalam pernyataan tersebut, dikatakan fasilitas yang akan dibuat manajemen stadion dapat digunakan gratis untuk warga sekitar. 

"Konsep ini akan membawa aspek inovatif terhadap generasi mendatang, karena membuat tempat berkumpul baru untuk rekreasi warga."

Untuk membangunnya, kedua klub dikabarkan harus menggelontorkan dana setidaknya satu miliar euro (Rp 16 triliun) agar dapat terealisasi. 

"FC Internazionale Milano dan AC Milan percaya hal ini penting, ini lebih dari proyek bernilai satu miliar euro tapi akan menciptakan ribuan lapangan pekerjaan untuk mengembangkan kota Milan dan sepak bola Italia," sebut pernyataan itu.

Klasemen Serie A Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement