Rabu 13 May 2020 20:53 WIB

Warga Bengkulu Jabodetabek Bisa Tinggal di Kantor Penghubung

Mess yang juga sekaligus sebagai kantor penghubung itu memiliki 20 kamar.

Red: Muhammad Fakhruddin
Gubernur Bengkulu Rohidin.
Foto: Tahta Aidilla/ Republika
Gubernur Bengkulu Rohidin.

REPUBLIKA.CO.ID,BENGKULU -- Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengeluarkan kebijakan menggratiskan penggunaan mess milik Pemerintah Provinsi Bengkulu di Jakarta bagi masyarakat Bengkulu yang tinggal di sekitar Jabodetabek dan kesulitan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Kebijakan ini diambil agar warga Bengkulu yang kesulitan ekonomi karena tetap mematuhi aturan PSBB dan tidak mudik ke Bengkulu, kata Rohidin di Bengkulu, Rabu (13/5).

Ia mengatakan, sejak awal masa pandemi Covid-19 melanda Indonesia, Pemprov Bengkulu sudah menghentikan aktivitas di mess tersebut, termasuk tidak menerima tamu yang hendak menginap.

"Langkah ini sebagai bentuk antisipasi jika ada masyarakat terdampak Covid-19 asal Bengkulu yang kesulitan mendapatkan tempat tinggal karena kesulitan membayar biaya indekos atau kontrakan selama masa PSBB di Jakarta berlangsung," katanya.

Mess yang juga sekaligus sebagai kantor penghubung Pemprov Bengkulu di Jakarta itu memiliki 20 kamar yang bisa dihuni warga Bengkulu yang terdampak Covid-19 secara gratis.

Namun, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi salah satunya yakni selama tinggal disana, penghuni dilarang meninggalkan area mess, hal itu dilakukan untuk mengantisipasi penularan Covid-19.

"Dengan catatan, masyarakat yang tinggal tidak boleh keluar masuk karena nanti dikhawatirkan dapat menjadi sumber penyebaran Covid-19," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penghubung Bengkulu di Jakarta Ferry Ernes Parera dalam keterangan tertulisnya mengatakan, kantor penghubung Provinsi Bengkulu sudah siap untuk digunakan sebagai tempat tinggal sementara bagi masyarakat perantau Bengkulu yang terdampak Covid-19.

"Kami siap menerima masyarakat Bengkulu yang membutuhkan tempat tinggal sementara, ada 20 kamar tersedia dengan beberapa fasilitas yang ada dan siap digunakan," paparnya.

Pihaknya juga telah telah mensterilkan seluruh ruangan dengan penyemprotan desinfektan sebanyak beberapa kali, karena itu penghuni hanya diperbolehkan keluar kamar untuk keperluan makan dan minum.

"Kami juga sudah berupaya secara maksimal berkoordinasi dengan perkumpulan masyarakat perantau Bengkulu terkait data masyarakat yang benar-benar terdampak Covid-19 dan butuh tempat tinggal. Sehingga terkoordinir dengan baik," demikian Ferry.

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
۞ هُوَ الَّذِيْ خَلَقَكُمْ مِّنْ نَّفْسٍ وَّاحِدَةٍ وَّجَعَلَ مِنْهَا زَوْجَهَا لِيَسْكُنَ اِلَيْهَاۚ فَلَمَّا تَغَشّٰىهَا حَمَلَتْ حَمْلًا خَفِيْفًا فَمَرَّتْ بِهٖ ۚفَلَمَّآ اَثْقَلَتْ دَّعَوَا اللّٰهَ رَبَّهُمَا لَىِٕنْ اٰتَيْتَنَا صَالِحًا لَّنَكُوْنَنَّ مِنَ الشّٰكِرِيْنَ
Dialah yang menciptakan kamu dari jiwa yang satu (Adam) dan daripadanya Dia menciptakan pasangannya, agar dia merasa senang kepadanya. Maka setelah dicampurinya, (istrinya) mengandung kandungan yang ringan, dan teruslah dia merasa ringan (beberapa waktu). Kemudian ketika dia merasa berat, keduanya (suami istri) bermohon kepada Allah, Tuhan Mereka (seraya berkata), “Jika Engkau memberi kami anak yang saleh, tentulah kami akan selalu bersyukur.”

(QS. Al-A'raf ayat 189)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement