Ahad 17 May 2020 08:50 WIB

PTBA dan PTFI Jadi Tulang Punggu Holding Tambang

Holding Pertambangan memproyeksikan tetap bisa membukukan laba bersih .

Rep: Intan Pratiwi / Red: Agus Yulianto
Orias Petrus Moedak (tengah)
Foto: Intan Pratiwi/Republika
Orias Petrus Moedak (tengah)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Holding Pertambangan memproyeksikan tetap bisa membukukan laba bersih pada akhir tahun meski memang tak akan capai target. Direktur Utama MIND ID, Orias Petrus Moedak mengatakan, dari semua anak usaha di holding pertambangan, holding bertumpu pada PT. Bukit Asam (PTBA) dan PT. Freeport Indonesia (PTFI).

Orias menjelaskan, hal ini dikarenakan kedua perseroan mampu untuk memberikan dividen seperti yang diinginkan. Sementara itu, untuk PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM) atau PT Timah Tbk. (TINS), MIND ID akan didorong untuk melakukan eksplorasi sehingga tambahan cadangan komoditas meningkat.

"Kalau untuk Antam dan Timah itu kami lebih memfokuskan mereka untuk melakukan eksplorasi  untuk menambah cadangan-cadangan mereka, jadi kita tidak ganggu untuk sumber pembayaran buat pembiayaan di level holding ya," ujar Orias, Ahad (17/5).

Dalam jangka tiga tahun MIND ID menargetkan, bisa mengurangi rasio utang terhadap EBITDA dari posisi 7,5 kali menjadi 5 kali atau bahkan di bawahnya. Orias menilai dengan tingkat utang di level tersebut artinya perusahaan sudah dalam posisi aman.

“Saat Freeport bagi deviden 70 persen pada 2021, EBITDA kami akan membaik. Namun pembayaran penuh pada 2023 akan membuat leverage kami rendah dan peringkat akan membaik. Rasio ini akan kami turunkan,” katanya.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
قُلْ مَنْ يَّرْزُقُكُمْ مِّنَ السَّمَاۤءِ وَالْاَرْضِ اَمَّنْ يَّمْلِكُ السَّمْعَ وَالْاَبْصَارَ وَمَنْ يُّخْرِجُ الْحَيَّ مِنَ الْمَيِّتِ وَيُخْرِجُ الْمَيِّتَ مِنَ الْحَيِّ وَمَنْ يُّدَبِّرُ الْاَمْرَۗ فَسَيَقُوْلُوْنَ اللّٰهُ ۚفَقُلْ اَفَلَا تَتَّقُوْنَ
Katakanlah (Muhammad), “Siapakah yang memberi rezeki kepadamu dari langit dan bumi, atau siapakah yang kuasa (menciptakan) pendengaran dan penglihatan, dan siapakah yang mengeluarkan yang hidup dari yang mati dan mengeluarkan yang mati dari yang hidup, dan siapakah yang mengatur segala urusan?” Maka mereka akan menjawab, “Allah.” Maka katakanlah, “Mengapa kamu tidak bertakwa (kepada-Nya)?”

(QS. Yunus ayat 31)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement