Kamis 21 May 2020 10:30 WIB

Ragunan Gelar Tur Visual Bersama Siamang

Ragunan sudah tiga kali melakukan tur visual di Instagram.

Red: Indira Rezkisari
Seekor Siamang (Symphalangus syndactylus). Tur visual Ragunan pada Kamis (21/5) mengajak pengguna Instagram melihat ke kandang siamang.
Foto: Antara/Fikri Yusuf
Seekor Siamang (Symphalangus syndactylus). Tur visual Ragunan pada Kamis (21/5) mengajak pengguna Instagram melihat ke kandang siamang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tur visual bersama satwa di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, kembali hadir pada Kamis (21/5). Kali ini tur visual di Instagram menampilkan keluarga siamang.

Ada siaman jantan bernama Zulkanain dan siamang betina Nia. Lalu anak siamang bernama Janu.

Baca Juga

"Seperti biasa tur visual ini dimulai jam 10.00 WIB, dapat disaksikan melalui kanal instagram, live instastory @ragunanzoo," kata Kepala Satuan Pelaksana Promosi Ragunan, Ketut Widarsana.

Ketut mengatakan, tur visual satwa Ragunan ini merupakan yang ketiga kalinya. Pertama pada Ahad (10/5) menampilkan gajah Sumatra bernama Pangeran Lestari Mulyani.

Tur visual selanjutnya diadakan Ahad (17/5) bersama dua harimau Sumatera bernama Hana dan Tino. "Awalnya tur visual ini dirancang secara periodik setiap Ahad, tapi karena pekan ini bertepatan dengan Idul Fitri, maka kita majukan di hari Kamis," kata Ketut.

Dalam tur virtual kali ini, penonton dapat menyaksikan interaksi petugas penjaga satwa saat merawat para siamang, seperti membersihkan kandang, memberikan makan dan mengajaknya beraktivitas di Ragunan.

Petugas juga akan menjelaskan, makanan apa yang disukai, selanjutnya informasi singkat terkait keunikan mengenai satwa primata tersebut. "Tentunya primata berbeda dengan hewan mamalia dan karnivora yang sebelumnya sudah kita tampilkan, primata sedikit lebih jinak jadi penjaga satwanya bisa berinteraksi lebih dekat dengan siamang ini," kata Ketut.

Ketut menambahkan, fasilitas wisata virtual ini diharapkan dapat mengobati kerinduan masyarakat yang ingin berwisata selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di rumah saja.

Saat ini Kebun Binatang Ragunan memiliki koleksi satwa mencapai 2.800 ekor lebih. Mulai dari satwa berukuran kecil, sedang hingga besar seperti gajah, harimau dan jerapah.

Selama pandemi Covid-19, layanan wisata Ragunan ditutup oleh Pemerintah DKI Jakarta terhitung mulai 14 Maret 2020 hingga kini. Selama ditutup, satwa-satwa koleksi Ragunan tetap dirawat dan diperiksa kondisi kesehatannya setiap saat serta dipenuhi kebutuhan pakannya sehingga kondisinya terus terjaga baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement