Jumat 22 May 2020 03:37 WIB

Sholat Idul Fitri Sulbar tidak Dilaksanakan di Lapangan

Di Sulbar belum bisa dikatakan aman dari penyebaran virus corona.

Red: Muhammad Fakhruddin
Sholat Idul Fitri Sulbar tidak Dilaksanakan di Lapangan (Ilustrasi).
Foto: MGROL100
Sholat Idul Fitri Sulbar tidak Dilaksanakan di Lapangan (Ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,MAMUJU -- Pemprov Sulbar memutuskan sholat Idul Fitri 1441 hijriah tidak dilaksanakan di sejumlah lapangan dan masjid yang ada provinsi tersebut tetapi diminta untuk sholat Id di rumah masing-masing.

"Hasil rapat Pemerintah Sulbar diputuskan sholat Id tahun ini tidak bisa dilaksanakan di lapangan, namun dilaksanakan di rumah saja," kata juru bicara Covid-19 yang juga menjabat Kepala Dinas Kominfo Sulbar Safaruddin DM di Mamuju, Kamis (22/5).

Ia mengatakan, keputusan pemerintah meniadakan sholat di lapangan berdasarkan rapat pemerintah Sulbar dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopinda) Provinsi Sulbar.

Menurut dia, di Sulbar belum bisa dikatakan aman dari penyebaran virus corona, sehingga shalat Id tahun ini tidak bisa dilaksanakan di lapangan. "Di Sulbar Covid-19 tidak bisa dideteksi penyebarannya, dan masih banyak masyarakat dinyatakan orang tanpa gejala (OTG)," katanya.

Oleh karena itu ia berharap masyarakat dapat memahami keputusan pemerintah dan meminta masyarakat untuk melaksanakan shalat Id di rumah saja. "Kasihan tenaga medis harus bekerja menyembuhkan pasien apabila masyarakat tetap ngotot melaksanakan shalat di lapangan," katanya.

Ia mengatakan, tenaga medis di Sulbar sudah ada yang meninggalkan keluarganya hingga dua bulan karena menangani pasien Covid-19. Oleh karena itu ia berharap semua pihak dapat memahami langkah pemerintah karena itu untuk memutus mata rantai penyebaran corona.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement