Sabtu 23 May 2020 01:56 WIB

Bukti Puncak Arsitekur Islam di India

Muslim India memiliki peranan dalam pengembangan Islam

Red: Joko Sadewo
Foto: republika
Situs Islam di India

REPUBLIKA.CO.ID, Peranan Muslim India dalam pengembangan Islam dapat dilihat dalam empat tahapan.

Pertama, masa sebelum Kerajaan Mughal (705-1526). Kedua, masa kekuasaan Kerajaan Mughal (1526-1858). Ketiga, masa kekuasaan Inggris (1858-1947). Dan tahap keempat, masa negara India sekuler (1947-sekarang).  Berikut tiga arsitektur yang menjadi bukti adanya jejak Islam di India :

*Taj Mahal

Taj Mahal dibangun atas perintah kaisar Mughal Shah Jahan. Kaisar Mughal memerintah pada 1628-1658. Dan merupakan kaisar yang kaya pada masa kejayaannya.

Taj Mahal dibangun di Agra, India. Kaisar Mughal membangun Taj Mahal sebagai sebuah musoleum (monumen makam) untuk istrinya yang berasal dari Persia, yaitu Arjumand Banu Begum yang dikenal juga sebagai Mumtaz Mahal atau Mumtaz-ul-Zamani. 

 

* Masjid Makkah

Masjid Makkah adalah salah satu masjid tertua di Hyderabad. Masjid Makkah juga merupakan masjid terbesar di India. Masjid ini dibangun pada masa Dinasti Qutb Shahi. Muhammad Quli Qutb Shah, penguasa kelima dari Dinasti Qutb Shahi, meminta agar batu bata untuk masjid dibuat dari tanah yang dibawa dari Makkah. Untuk itu, masjid ini diberi nama Masjid Makkah.

*Gol Gumbaz

Gol Gumbaz adalah makam Muhammad Adil Shah, Sultan Bijapur. Makam, terletak di Bijapur, Karnataka di India. Pembangunan selesai pada 1656 oleh arsitek Yaqut dari Dabul. Nama Gol Gumbaz berasal dari gol gombadh yang berarti kubah melingkar. Gol Gumbaz dibangun sesuai dengan arsitektur Deccan.

Sumber: berbagai sumber

Pengolah: Nashih Nasrullah

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement