Rabu 27 May 2020 10:42 WIB

Jokowi Minta Tambahan Aparat Disiplinkan Masyarakat Jatim

Aparat akan mendisiplinkan masyarakat Jatim untuk menerapkan protokol kesehatan.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Ratna Puspita
Presiden Joko Widodo
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Presiden Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan agar Kapolri Jenderal Pol Idham Aziz  dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengirimkan tambahan aparat untuk wilayah Jawa Timur di mana kasus Covid-19 semakin meningkat. Aparat gabungan tersebut akan mendisiplinkan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan sebelum diterapkannya tatanan norma baru pandemi corona.

Hal ini disampaikan Jokowi saat membuka rapat terbatas persiapan pelaksanaan protokol tatanan normal baru produktif dan aman Covid-19 melalui video conference di Istana Merdeka, Rabu (27/5). “Saya kemarin juga memerintahkan kepada gugus tugas kepada Panglima TNI dan Kapolri, untuk di Jatim misalnya untuk kita tambah bantuan pasukan aparat di sana agar bisa menekan kurvanya agar tidak naik lagi,” ujarnya.

Baca Juga

Presiden pun meminta jajarannya agar melihat kembali kesiapan setiap daerah dalam mengendalikan virus sebelum norma baru diterapkan, khususnya di daerah-daerah yang kurva angka kasus semakin bertambah. Selain itu, ia juga meminta agar pengujian sampel dan pelacakan yang agresif terhadap ODP dan PDP terus dilakukan serta memastikan dilakukannya isolasi secara ketat.  

“Ini kita lakukan pada provinsi-provinsi yang kurvanya masih naik,” tambah dia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement