Kamis 28 May 2020 08:22 WIB

Ramadhan 1441 H, BMH Yogyakarta Bantu 9.809 Dhuafa

BMH DIY melakukan banyak program sosial dan keagamaan selama Ramadhan 1441 H.

Red: Irwan Kelana
Selama bulan Ramadhan 1441 H, BMH  Perwakilan Daerah Istimewa Yogyarta (DIY)  membantu 9.809  masyarakat dhuafa yang terdampak Covid-19.
Foto: Dok BMH
Selama bulan Ramadhan 1441 H, BMH Perwakilan Daerah Istimewa Yogyarta (DIY) membantu 9.809 masyarakat dhuafa yang terdampak Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Selama bulan Ramadhan 1441 H, Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Perwakilan Daerah Istimewa Yogyarta (DIY)  membantu masyarakat dhuafa yang terdampak Covid-19 secara langsung maupun  tidak langsung.

Syai'in Kodir  selaku kepala divisi Program dan Pemberdayaan BMH DIY mengemukakan, Rabu (27/05/20), setidaknya 9.809 masyarakat sudah merasakan manfaat dari proses pengelolaan   dana zakat dan sedekah yang telah dihimpun oleh lembaga zakatnya selama Ramadhan 1441 H. 

"Alhamdulillah walau dalam suasana pandemi seperti sekarang ini, kami telah salurkan bantuan dalam bentuk program-program yang ada di BMH kepada masyarakat dhuafa  yang ada di Yogyakarta dan sekitarnya. Tercatat tidak kurang dari 9.809 masyarakat telah kami bantu," kata Syai'in dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

photo
Selama Ramadhan 1441 H, BMH Perwakilan DIY melaksanakan banyak program sosial, termasuk menyalurkan bantuan kepada dai pedalaman.  (Foto: Dok BMH)

Menurutnya, lembaga yang belum lama ini mendapatkan audit keuangan dengan hasil Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ke-13 berturut-turut tersebut menyalurkan bantuan melalui proses protokol kesehatan untuk menghindari penularan Covid-19.

"Untuk pelaksanaan kegiatan penyaluran kami tetap memperhatikan protokol yang ada. Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya penyebaran Covid-19 di masyarakat," ungkapnya.

Dalam pendistribusinya, semua kabupaten dan kota di DIY menjadi target dalam penyaluran bantuan BMH. "Upaya untuk pemerataan dalam penyaluran, jauh sebelum Ramadhan tiba telah kami petakan rencana penyaluran. Mulai dari Turgo, lereng Merapi hingga Rongkop, Gunungkidul," imbuhnya.

photo
BMH Yogyarta menaruh perhatian kepada para dai dan guru ngaji yang juga terdampak Covid-19.  (Foto: Dok BMH)

Lebih lanjut ia menambahkan, selama bulan Ramadhan 1441 H, ada banyak program sosial dan keagamaan yang telah dilaksanakan oleh lembaganya. "Ada banyak varian program yang kami gulirkan selama Ramadhan kemarin," ujarnya.

Program-program tersebut, kata dia, Sehat Sambut Ramadhan, Buka Puasa Berkah, Sembako untuk Masyarakat Terdampak Covid 19, Bantuan untuk Tenaga Medis, Bingkisan untuk Yatim dan Dhuafa, Sebar Masker dan Handsanitizer, Tebar Sembako Buka dan Sahur, Bingkisan untuk Dai dan Guru Ngaji, Berkah Fitrah dan lain-lain," tutup Syai'in. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement