Kamis 28 May 2020 17:16 WIB

Warga Tenggelam di Sungai Cimanuk Ditemukan Meninggal Dunia

Korban dilaporkan terpeleset saat memancing bersama kedua rekannya di Sungai Cimanuk.

Rep: Bayu Adji P / Red: Agus Yulianto
Tenggelam (ilustrasi)
Tenggelam (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Tim SAR gabungan menemukan seorang warga Kabupaten Garut yang dilaporkan tenggelam di Sungai Cimanuk. Korban atas nama Tatang (40 tahun) ditemukan dalam kondisi meninggal dunia pada Kamis (28/5) sore. 

Kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansah mengatakan, korban berhasil dievakuasi dalam keadaan tak bernyawa di Sungai Cimanuk arah Waduk Jatigede Kabupaten Sumedang. Korban ditemukan sejauh 3,97 kilometer dari lokasi kejadian awal.

"Pada pukul 13.30 WIB tim SAR gabungan melakukan pencarian dengan penyisiran darat. Kita menerima laporan adanya penemuan mayat dari warga pada pukul 13.35 WIB di Sungai Cimanuk arah Jatigede," kata dia, Kamis.

Menerima laporan itu, tim kemudian bergerak menuju lokasi yang dilaporkan warga terdapat penemuan korban. Pada sekira pukul 15.05 WIB, tim SAR gabungan mulai melakukan evakuasi terhadap korban. Evakuasi dilakukan dengan menarik korban menggunakan tali kernmantel dari bibir punggungan Sungai Cimanuk Kabupaten Sumedang ke bibir punggungan Sungai Cimanuk Kabupaten Garut.

Ia mengatakan, akses yang terbatas dan kondisi arus sungai yang deras, serta bebatuan, cukup menyulitkan tim SAR melakukan evakuasi terhadap korban. "Baru pukul 15.20 WIB korban berhasil dievakuasi, selanjutnya korban dibawa ke rumah duka," kata dia.

Diketahui, korban merupakan warga Desa Cilampuyang, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut. Korban dilaporkan terpeleset saat memancing bersama kedua rekannya di Sungai Cimanuk pada Kamis pagi.

Deden mengatakan, unsur SAR yang berada di lapangan yaitu Basarnas Bandung, BPBD Garut, Satpol PP Kecamatan Malangbong, PMI Garut, Tagana Garut, dan perangkat Desa Cilampuyang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement