Jumat 12 Jun 2020 16:03 WIB

Saat Masjid Era Utsmani di Yunani tak Lagi Buat Sholat

Masjid-masjid Utsmani banyak beralih fungsi menjadi museum.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Teguh Firmansyah
Masjid Fethiye peninggalan Ottoman Turki di Athena, Yunani.
Foto: Anadolu Agency
Masjid Fethiye peninggalan Ottoman Turki di Athena, Yunani.

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Bangunan bersejarah era Kesultanan Ottoman atau Utsmani yang berada di Yunani telah banyak beralih fungsi. Hal itu mulai terjadi pasca Revolusi Yunani pada 1821.

Seperti dilansir laman Daily Sabah dan Anadolu, kemarin, setelah Yunani memperoleh kemerdekaan, banyak bangunan Ottoman diubah menjadi penjara militer, bioskop, kantor provinsi, hostel, dan unit penyimpanan. Masjid pun beralih fungsi menjadi tempat pameran atau museum.

Baca Juga

Masjid Fethiye yang dibangun Sultan Mehmet II di Athena pada 1458, misalnya, saat ini digunakan sebagai ruang pameran. Masjid Tzisdaraki yang berada di kota yang sama juga dialihkan fungsinya sebagai museum keramik.

Masjid Hamza Bey yang ada di kota Thessaloniki ditutup. Pekerjaan restorasi dilakukan untuk mengubah bangunan masjid menjadi museum. Masjid Alaca yang juga ada di Thessaloniki turut diubah fungsinya sebagai museum.

Thessaloniki juga memiliki Majsid Yeni yang dibangun pada 1904. Saat ini bangunan tersebut berfungsi sebagai ruang pemeran kotamadya. Sementara itu, Menara Putih, salah satu monumen era Ottoman yang paling penting di Thessaloniki dipromosikan sebagai "karya Bizantium" dan simbol kota.

Masjid dan bangunan bersejarah di banyak kota Yunani lainnya seperti Ioannina, Larissa dan Kavala juga mengalami nasib yang sama. Masjid Aslan Pasha di kota Ioannina, Masjid Veli Pasha di Rethymno, dan Masjid Zincirli, yang dibangun pada abad ke-16 di Serres, semuanya telah dikonversi menjadi museum.

Turki pun meyakini, minoritas warganya yang tinggal di wilayah Thrace Barat Yunani terus menghadapi diskriminasi dan hambatan sistematis karena identitas budaya, etnis, dan agama mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement