Sabtu 13 Jun 2020 07:08 WIB

Formulasi PGSD UMM untuk Tingkatkan Kualitas Perkuliahan

Formula itu dinamai SAL-Experience atau Student Active Learning Experience.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Esthi Maharani
Aktivitas mengajar para mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang (Prodi PGSD FKIP UMM).
Foto: Dok. Humas UMM
Aktivitas mengajar para mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang (Prodi PGSD FKIP UMM).

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Malang (Prodi PGSD FKIP UMM) mempunyai formula khusus untuk peningkatan kualitas perkuliahannya. Formula itu dinamai SAL-Experience atau Student Active Learning Experience.

Kepala Progam Studi (Kaprodi) PGSD UMM, Dyah Worowirastri mengatakan, SAL-Experience merupakan program untuk mewujudkan belajar yang inovatif, kreatif, bermakna dan menyenangkan bagi para mahasiswa di setiap mata kuliah. "Output dari program tersebut diwujudkan dalam publikasi ilmiah seperti buku ber-ISBN, jurnal nasional, HKI dan konten YouTube,” kata Dyah dalam keterangan pers yang diterima Republika.

Selain itu, SAL-experience juga bertujuan mewujudkan program universitas, yakni Kelulusan Tepat Waktu (KTW). KTW diinisiasi dengan adanya kebiasaan budaya ilmiah di kalangan mahasiswa pada saat perkuliahan.

Tercatat dari proses perkuliahan dihasilkan 10 buku ber-ISBN, 20 hak cipta dari Kemenkumham RI, 16 jurnal nasional terakreditasi sinta 1-6 serta jurnal internasional terindeks Scopus. Ada pula video-video hasil karya mahasiswa untuk pembelajaran di sekolah dasar. Video-video tersebut telah diunggah di media YouTube.

Menurut Dyah, SAL-experience sudah mengantarkan 15 mahasiswa angkatan 2017 menyelesaikan skripsi pada semester empat. "Dan pada akhir semester lima bisa memproses ujian skripsi tahun 2019,” ucapnya.

Secara tidak langsung juga, kata Dyah, SAL-experience telah menghantarkan mahasiswa PGSD sebagai lulusan terbaik. Tercatat sejak wisuda periode I pada 2017 sampai periode 2 II di 2020, sebanyak 50 persen mahasiswa terbaik tingkat Fakultas berasal dari Prodi PGSD FKIP UMM. Kemudian dua di antaranya tercatat sebagai mahasiswa terbaik tingkat universitas.

“Artinya, proses yang diawali dalam perkuliahan mengantarkan mahasiswa berprestasi. Tidak hanya di kalangan internal tetapi juga prestasi secara nasional dan internasional,” jelasnya.

Di kancah internasional, mahasiswa Prodi PGSD mendapatkan penghargaan teacher of the year dari kerajaan Thailand pada saat magang internasional di 2018. Selain itu juga, salah satu mahasiswa PGSD terpilih sebagai salah satu pengajar di China (2017-2018), Kamboja dan Vietnam (2016-2017) melalui program AIESEC UMM sebagai Professional Internship.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement