Sabtu 13 Jun 2020 07:31 WIB

Perjalanan Pemikiran Tasawuf Hasan Al-Basri (2-Habis)

Hasan Al Bashri dianggap sebagai patriarki tradisi sufi.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
Perjalanan Pemikiran Tasawuf Hasan Al-Basri. Foto: (Ilustrasi) kaligrafi nama Hasan al-Bashri
Foto: tangkapan layar wikipedia
Perjalanan Pemikiran Tasawuf Hasan Al-Basri. Foto: (Ilustrasi) kaligrafi nama Hasan al-Bashri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Al-Basri memiliki bakat alami untuk berkhutbah. Meskipun khutbahnya tidak tersedia dalam bentuk teks hari ini, penulis zamannya melaporkan bahwa gayanya adalah karya retorika. Dia lancar berbicara secara filosofis. Beberapa kiasan dan kiasannya masih diingat dan digunakan dalam perintah sufi.

Al-Basri juga bersikap apolitis dalam sikapnya terhadap kekuasaan. Dia tidak pernah mendukung Dinasti Umayyah.  Namun, ia tidak pernah berpartisipasi dalam pemberontakan melawan pemerintahan Umayyah. Di sisi lain, dia menentang mereka dalam situasi tertentu.

Baca Juga

Misalnya, ia mengkritik Muawiyah, pendiri dan khalifah pertama Kekhalifahan Umayyah. Ketika ia menugaskan Yazid, putranya sebagai ahli warisnya karena ia tidak mampu, Hasan Al-Basri mengutuk Hajjaj, gubernur Bani Umayyah yang kejam.

Dia terpaksa bersembunyi untuk beberapa waktu karena kutukan itu. Dia berterima kasih kepada Allah setelah kematian Hajajj dan berdoa agar kebijakannya dihancurkan.

Pendiri sufisme

Al-Basri menawarkan cara kesalehan yang intens dengan mengatakan bahwa Muslim sejati harus menghindari warna dan rasa dunia ini demi manfaat yang akan dikumpulkan di dunia lain. Pendekatan dunia lain ini mengumpulkan massa di sekelilingnya.

Suatu kali dia berkhotbah: "Setiap umat memiliki idola sendiri. Idola ummah ini adalah emas dan perak,".  Dia selalu menekankan bekerja menuju dunia lain dan tidak melakukan apa pun untuk yang satu ini.

Hasan Al-Basri mewujudkan apa yang dia khotbahkan, sehingga itu memiliki dampak besar pada semua orang di sekitarnya. Dia mengajar banyak siswa. Menurut Al-Basri, munafiq (orang munafik) mampu melakukan lebih banyak kerusakan pada Islam daripada seorang kafir (orang kafir).

Karena Muslim tidak percaya pada apa yang kafir lakukan atau katakan, tetapi mereka bisa ditipu oleh seorang munafik. Untuk perdebatan nasib bebas, Al-Basri menolak fatalisme dan membela bahwa orang bertanggung jawab atas tindakan mereka, yang menyebabkan beberapa kritikus percaya bahwa dia adalah seorang Mutazili, sebuah sekolah teologi Islam rasionalis.

Faktanya, Al-Basri berada di jalur yang ketat yang telah dilalui oleh Ahl al-Sunnah (Muslim Sunni) sejauh ini. Di sisi lain, sekte teologi Mu'tazilah dan Ashariyyah memuji Al-Basri sebagai salah satu pendiri mereka.

Bagi kebanyakan sejarawan dan kritikus, Hasan Al-Basri adalah pendiri asketisme dan mistisisme Islam, yang berarti bahwa para Sufi berhak menempatkannya pada tahap kritis dalam sejarah mereka. Dia adalah koneksi para sahabat Nabi dengan generasi berikutnya.

Para sufi telah menciptakan terlalu banyak cerita tentang Al-Basri seperti yang telah mereka lakukan untuk setiap ulama yang saleh dalam Islam.

Menurut salah satu cerita ini, Al-Basri pada awalnya adalah pedagang emas dan perak tetapi melihat temporalitas kekayaan ketika dia mengamati bahwa tidak seorang pun termasuk prajurit, ulama, pelayan dapat melakukan apa saja terhadap kematian seorang pangeran tercinta di Byzantium. Jadi, ia memutuskan untuk berhenti dari semua kekayaan materi dan mendedikasikan hidupnya untuk membaca, merenungkan, dan berkhotbah.

Diketahui, Al-Basri meninggal pada bulan Oktober 728. Dia memiliki tiga anak, satu perempuan dan dua laki-laki.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement