Selasa 16 Jun 2020 19:28 WIB

UMSU Masuk 50 Perguruan Tinggi Islam Terbaik Dunia

Fakultas Agama Islam UMSU berhasil meraih Akreditasi A selama tiga kali berturut.

Red: Israr Itah
Seorang calon mahasiwa mendaftar di kampus Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara (UMSU). UMSU masuk 50 besar perguruan tinggi Islam dunia.
Foto: ANTARA/SEPTIANDA PERDANA
Seorang calon mahasiwa mendaftar di kampus Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara (UMSU). UMSU masuk 50 besar perguruan tinggi Islam dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara (UMSU) masuk dalam daftar 50 besar perguruan tinggi (PT) Islam terbaik dunia yang disusun lembaga pemeringkatan 4ICU University Rankings Tahun 2020. Sekretaris Koordinatorat Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (Kopertais) Wilayah IX, Dr Ansari Yamamah di Medan, Selasa, mengatakan bahwa dalam daftar yang dirilis di laman UniRanks, UMSU masuk dalam urutan 34 Top Islamic Universities in the World.

Ia menjelaskan posisi UMSU berada di bawah Universiti Sains Islam Malaysia (29), Jordan University of Science and Technology (30), Universitas Muhammadiyah Purwokerto (31), Taibah University (32), dan Osmania University (33).

"UMSU mengalami lompatan kuantum atau lompatan yang sangat luar biasa, membanggakan dan kami yakin akan semakin maju ke depannya," katanya ketika meninjau pembangunan gedung Fakultas Kedokteran UMSU di Jalan Gedung Archa, Medan, bersama Anggota Komisi X DPR Prof Djohar Arifin Husein.

Ia mengatakan UMSU saat ini sudah menjadi kampus yang unggul, baik dari segi sarana prasarana, jumlah mahasiswa dan banyaknya alumni UMSU yang terlibat dalam pembangunan diberbagai sektor.

Pelaksanaan pendidikan yang didukung sarana dan prasarana yang sangat baik, kata dia, membuat UMSU menjadi kampus yang menghasilkan alumni berkualitas dan siap bersaing dan berkontribusi di masyarakat.

"Alumni UMSU tidak hanya terlibat dalam pembangunan di Sumatera Utara, tetapi juga terlibat dalam pembangunan di sejumlah wilayah di Indonesia," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Ansari Yamamah juga memberikan penghargaan yang tinggi kepada Fakultas Agama Islam UMSU yang berhasil meraih Akreditasi A selama tiga kali berturut turut.

Menurutnya, hal tersebut tidak lepas dari koordinasi yang baik antara Kopertais Wilayah IX Sumatra Utara dan Fakultas Agama Islam (FAI) UMSU di bawah kepemimpinan dekan DrMuhammad Qorib, MA.

"Ini merupakan hasil dari hubungan dan kordinasi yang baik serta dalam konteks pengembangan kependidikan dan pengembangan sarana prasarana antara Kopertais Wilayah IX Sumatera Utara dengan FAI UMSU", katanya.

Ia mengatakan hal ini merupakan sesuatu pencapaian yang luar biasa dikarenakan baru FAIUMSU yang meraih akreditasi A di Kopertais Wilayah IX Sumatra Utara.

"Kopertais Wilayah IX mengucapkan selamat dan salut yang sebesar besarnya kepada UMSU dan Fakultas Agama Islam UMSU dan semoga kordinasi yang baik semakin ditingkatkan agar dapat mempertahankan dan meraih raihan akreditasi yang sudah didapatkan," demikian Ansari Yamamah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement