Selasa 16 Jun 2020 22:59 WIB

Aceh Tengah akan Distribusikan 200 Ribu Masker Kain

Masker kain siap didistribusikan Aceh Tengah ke warga setempat.

Red: Nashih Nashrullah
Masker kain siap didistribusikan Aceh Tengah ke warga setempat. ilustrasi Muslimah pakai masker.
Foto: Republika TV/Surya Dinata
Masker kain siap didistribusikan Aceh Tengah ke warga setempat. ilustrasi Muslimah pakai masker.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH— Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah melalui dinas kesehatan dalam waktu dekat akan mendistribusikan sebanyak 200 ribu masker kain secara gratis kepada masyarakat, melalui setiap kecamatan dan gampong atau desa.

Kepala Dinas Kesehatan Aceh Tengah Jayusman, Selasa (16/6) mengatakan sebanyak 200 ribu masker telah selesai diproduksi 35 kelompok penjahit dari kalangan masyarakat di sembilan kecamatan di Aceh Tengah.

Baca Juga

"Kita akan bagikan secepatnya, nanti mungkin melalui setiap kecamatan, tapi nanti ada pembagian secara simbolis dulu oleh pak bupati," kata Jayusman, di Aceh Tengah.

Dia menjelaskan realisasi pengadaan 200 ribu masker tahap pertama tersebut pengerjaannya telah dimulai sejak awal Mei 2020 atau pada bulan Ramadhan.

Kata dia, Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah menghabiskan anggaran sebesar Rp1,4 miliar untuk program tersebut, yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja kabupaten (APBK).

"Sekarang sudah siap semua, sebanyak 200 ribu masker, tinggal dibagikan saja, secepatnya," ujar Jayusman, menambahkan.

Menurut dia, program tersebut juga bertujuan untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat dataran tinggi Gayo itu di tengah merebaknya pandemi Covid-19 melalui kegiatan menjahit.

Disamping itu, Pejabat Pelaksana Teknik Kegiatan (PPTK) program swakelola tersebut Wahyudi, menjelaskan masker yang diproduksi tersebut ialah sesuai dengan rekomendasi dari tim gugus tugas penanganan Covid-19 Kabupaten Aceh Tengah. "Untuk spesifikasinya masker yang diproduksi ini memiliki ketebalan dua lapis sesuai rekomendasi gugus tugas," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement