Ahad 21 Jun 2020 06:45 WIB

Kritikan Soal Ancol Diterima, Hotman Terima Kasih ke Anies

Hotman mengkritik lansia dilarang berolahraga ke Ancol, yang kemudian dibolehkan.

Rep: Erik PP/ Red: Erik Purnama Putra
Pengunjung menikmati suasana Pantai Festival Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara (ilustrasi).
Foto: Antara/Nova Wahyudi
Pengunjung menikmati suasana Pantai Festival Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengacara kondang Hotman Paris Hutapea menyampaikan rasa terima kasih atas masukan yang disampaikannya, ternyata didengar oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan. Hotman mengaku, mengkritik kebijakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang melarang warga berusia 50 tahun ke atas untuk menikmati wisata di Ancol, Jakarta Utara. Tempat wisata Ancol memang mulai buka pada Sabtu (20/6), dengan pengunjung maksimal 50 persen dari kapasitas.

Hal itu diberlakukan manajemen PT Pembangunan Jaya Ancol, lantaran Jakarta masih memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi, sehingga lansia, ibu hamil, dan anak-anak dilarang masuk Ancol. Sontak saja, aturan itu mendapat kritikan dari Hotman yang menganggap salah kaprah. Pasalnya, lansia dibolehkan masuk mal yang juga sudah buka, namun malah dilarang menikmati udara segar di Ancol yang terletak di tepi pantai utara Jakarta.

Hotman pun mengunggah kritikan itu lewat akun Instagram pribadinya pada Jumat (19/6). Pasalnya, kebijakan itu juga membuatnya yang berusia 60 tahun, menjadi tidak bisa menikmati udara pagi sembari berolahraga di Ancol.

"Hai Direksi Ancol, Anda kurang jeli. Justru orang umur 50 tahun ke atas di dorong jalan pagi di alam terbuka. Seperti pantai Ancol dan berenang ke laut, dan jalan di Ecopark. Karena bagian dari olahraga dan hati ceria membangun imunitas," kata Hotman di akun @hotmanparisofficial

Ternyata, kritikan yang disampaikan Hotman sampai juga di telinga Gubernur Anies. Hotman pun mengaku, langsung dikontak oleh Anies yang bakal mengevaluasi aturan pelarangan lansia masuk Ancol. Alhasil, aturan yang baru berlaku sehari direvisi, sehingga kini lansia bisa berolahraga pagi pada pukul 05.00 WIB-09.00 WIB. Menurut Hotman, aturan itu berlaku selama dua pekan ke depan, hingga aktivitas normal kembali.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Peraturan di ubah: lansia boleh olah raga je ancol dari jam 5 subuh sd jam 9 pagi mulai minggu tgl 21 juni dan sesudah 2 minggu bebas masuk!

A post shared by Dr. Hotman Paris SH MH (@hotmanparisofficial) on

Hotman pun mengunggah hasil percakapan dengan Anies lewat video terbaru pada Sabtu (20/6). "Selamat malam para lansia yang suka olahraga di Ancol. Satu jam setelah Hotman mem-posting protes, Gubernur DKI (Anies Baswedan) telah menghubungi Hotman Paris, memberitahukan bahwa masukan dari Hotman sangat bagus. Kemudian satu jam kemudian Direktur Ancol Ibu Febby (Intan) memberitahukan bahwa peraturan diubah karena saran dari Hotman Paris, yaitu mulai hari Ahad 21 Juni, lansia boleh ke Ancol masuk untuk berolahraga mulai pukul 05.00-09.00 WIB selama dua pekan. Setelah itu bebas seperti biasa," kata Hotman.

Hotam pun mengapresiasi respon cepat yang dilakukan manajemen Ancol dan gubernur DKI, karena bisa mengakomodasi masukan yang diberikannya. "Terima kasih kepada direksi Ancol dan gubernur DKI yang telah menerima masukan dari Hotman Paris. Karena udara laut sangat bagus buat olahraga," ucap Hotman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement