Jumat 26 Jun 2020 02:01 WIB

Dua Kapal Nelayan Pembom Ikan Dimusnahkan

Kapal dimusnahkan dengan cara dipotong-potong.

Red: Esthi Maharani
Pemusnahan barang bukti kapal perikanan
Foto: dok. KKP
Pemusnahan barang bukti kapal perikanan

REPUBLIKA.CO.ID, KUPANG  - Kepala Stasiun Pengawasan Sumber Daya Kelautan Perikanan (PSDKP) Kupang Mubarak mengatakan dua kapal nelayan kasus bom ikan di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) telah dimusnahkan pihak kejaksaan negeri setempat.

"Dua kapal nelayan tersebut merupakan barang bukti dalam kasus bom ikan di perairan Flores Timur yang dilakukan dua orang nelayan bernama Maswar Pala dan Mansyur Saleh," kata Mubarak, Kamis (25/6)

Mubarak menjelaskan, dua kapal tersebut dimusnahkan oleh Kejaksaan Negeri Larantuka bersama petugas PSDKP Kabupaten Flores Timur di Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Amagarapati pada Rabu (24/6). Kapal nelayan masing-masing berkapasitas 3 gross tonnage (GT) dan 2 GT itu dimusnahkan dengan cara dipotong-potong.

Ia menjelaskan, dalam kasus tersebut, kedua nelayan ini ditangkap pada November 2019 dan menjalani proses hukum hingga diputuskan hukuman penjara untuk keduanya masing-masing satu tahun penjara dengan denda Rp100 juta subsider 3 bulan penjara.

Mubarak mengatakan, pihaknya mengapresiasi putusan Pengadilan Negeri Larantua terkait kasus tersebut serta pemusnahan barang bukti yang dilakukan terhadap dua kapal yang digunakan dalam penggunaan bom ikan tersebut.

"Semoga kasus ini bisa menjadikan efek jera terhadap para pelaku penangkapan ikan dengan cara ilegal, apalagi dengan bom ikan yang tentu berdampak sangat buruk pada ekosistem laut," katanya lagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement