Jumat 26 Jun 2020 14:10 WIB

HUT Bhayangkara, Polda Babel Bagikan Bansos

Sebanyak 19.300 paket sembako dibagikan secara serentak kepada masyarakat

Red: Gita Amanda
 Kapolda, Gubernur Erzaldi beserta forkopimda membagikan paket bansos langsung kepada warga yang membutuhkan di Kelurahan Semabung Baru dan Kelurahan Rawa Bangun, Pangkalpinang.
Foto: Pemprov Bangka Belitung
Kapolda, Gubernur Erzaldi beserta forkopimda membagikan paket bansos langsung kepada warga yang membutuhkan di Kelurahan Semabung Baru dan Kelurahan Rawa Bangun, Pangkalpinang.

REPUBLIKA.CO.ID, PANGKALPINANG -- Gubernur Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman mengapresiasi Kapolda beserta jajarannya yang turun langsung membagikan bantuan sosial (bansos) serentak kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 di Bangka Belitung, Jumat (26/6). Sebanyak 19.300 paket sembako dibagikan secara serentak kepada masyarakat yang membutuhkan di Bangka Belitung.

Dengan menggunakan sepeda motor, Kapolda, Gubernur Erzaldi beserta forkopimda membagikan paket bansos langsung kepada warga yang membutuhkan di Kelurahan Semabung Baru dan Kelurahan Rawa Bangun, Pangkalpinang. Selanjutnya, rombongan juga membagikan paket sembako kepada petugas kebersihan dan parkir di Pangkalpinang. Untuk wilayah polres akan dipimpin oleh kapolsek masing-masing.

Baca Juga

Gubernur Erzaldi mengatakan kegiatan ini sangat membantu masyarakat yang terkena dampak Covid-19. Harapannya, distribusi bansos tersebut dapat berguna bagi masyarakat dan bisa menggugah semua pihak untuk terus berbagi kepada masyarakat yang membutuhkan.

 

“Kami memberi apresiasi yang setinggi-tingginya atas apa yang sudah dilakukan oleh Polri dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara ke-74 tahun 2020. Sebelum ini juga sudah banyak dilakukan kegiatan-kegiatan sosial dalam rangka mengatasi pandemi Covid-19 termasuk bekerja sama dengan TNI dan pemprov untuk memberikan pelayanan bakti sosial kepada masyarakat kita terkhusus kepada masyarakat kita yang terkena dampak pendemik ini. Semoga, kegiatan-kegiatan ini dapat terus berlanjut dan kita bantu masyarakat kita yang betul-betul membutuhkan agar semua merasa terjaga dan diperhatikan. Mengingat pandemi ini masih berlangsung, jadi kita harus terus menggugah siapapun khususnya TNI, Polri, dan masyarakat umum untuk terus berbagi kepada masyarakat kita,” ujarnya dalam siaran pers.

Kapolda Bangka Belitung, Anang Syarif Hidayat mengatakan tersebut kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian acara yang dilaksanakan serentak untuk menyambut peringatan Hari Bhayangkara ke-74 tahun 2020. Selain membagikan paket sembako, Polda Babel juga menggelar kegiatan donor darah, membagikan Alat Pelindung Diri (APD) serta pemberian Surat Izin Mengemudi (SIM) gratis.

 

“Ini adalah rangkaian kegiatan peringatan HUT  Bhyangkara ke-74 tahun 2020 yang nanti akan jatuh pada tanggal 1 Juli mendatang," ujarnya.

Di Bangka Belitung ini, Polda akan menyalurkan 10 ribu paket, kemudian masing-masing Polres juga akan menyalurkan sekitar 1.000-1.200 paket. Dalam rangkaian kegiatan bakti sosial ini kepolisian juga akan melaksanakan bakti kesehatan termasuk diantaranya adalah donor darah yang dilaksanakan di Polda dan di Polres.

Saat ini sudah terkumpul 700 ampul dan akan disumbangkan semuanya kepada PMI. Di samping itu juga, Kepolisian Daerah Babel juga menyumbangkan APD ke tempat-tempat perawatan pasien Covid-19. Pada kesempatan ini juga, memberikan SIM gratis kepada masyarakat yang lahir pada tanggal 1-10 Juli.

"Ini sudah terkumpul sekitar 250 orang dan apabila masih ada masyarakat yang belum mendapatkan untuk dapat segera melapor,” ungkap Kapolda Bangka Belitung, Anang Syarif Hidayat.

Kapolda Bangka Belitung, Anang Syarif Hidayat juga mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan wujud kepedulian Polri kepada masyarakat, khususnya bagi masyarakat yang terkena dampak Covid-19. Sesuai arahan Kapolri, beliau juga meminta kepada jajarannya untuk selalu hadir di masyarakat dan senantiasa berbuat baik.

“Peringatan HUT Bhayangkara tahun ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena pandemi Covid-19. Kegiatan bakti sosial ini merupakan wujud kehadiran dan kepedulian Polri khususnya kepada masyarakat yang terdampak Covid-19. Saya juga meminta agar Polri selalu hadir di tengah-tengah masyarakat demi terciptanya masyarakat dan wilayah yang kondusif dan senantiasa selalu berbuat baik,” pungkasnya.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا تَدَايَنْتُمْ بِدَيْنٍ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى فَاكْتُبُوْهُۗ وَلْيَكْتُبْ بَّيْنَكُمْ كَاتِبٌۢ بِالْعَدْلِۖ وَلَا يَأْبَ كَاتِبٌ اَنْ يَّكْتُبَ كَمَا عَلَّمَهُ اللّٰهُ فَلْيَكْتُبْۚ وَلْيُمْلِلِ الَّذِيْ عَلَيْهِ الْحَقُّ وَلْيَتَّقِ اللّٰهَ رَبَّهٗ وَلَا يَبْخَسْ مِنْهُ شَيْـًٔاۗ فَاِنْ كَانَ الَّذِيْ عَلَيْهِ الْحَقُّ سَفِيْهًا اَوْ ضَعِيْفًا اَوْ لَا يَسْتَطِيْعُ اَنْ يُّمِلَّ هُوَ فَلْيُمْلِلْ وَلِيُّهٗ بِالْعَدْلِۗ وَاسْتَشْهِدُوْا شَهِيْدَيْنِ مِنْ رِّجَالِكُمْۚ فَاِنْ لَّمْ يَكُوْنَا رَجُلَيْنِ فَرَجُلٌ وَّامْرَاَتٰنِ مِمَّنْ تَرْضَوْنَ مِنَ الشُّهَدَۤاءِ اَنْ تَضِلَّ اِحْدٰىهُمَا فَتُذَكِّرَ اِحْدٰىهُمَا الْاُخْرٰىۗ وَلَا يَأْبَ الشُّهَدَۤاءُ اِذَا مَا دُعُوْا ۗ وَلَا تَسْـَٔمُوْٓا اَنْ تَكْتُبُوْهُ صَغِيْرًا اَوْ كَبِيْرًا اِلٰٓى اَجَلِهٖۗ ذٰلِكُمْ اَقْسَطُ عِنْدَ اللّٰهِ وَاَقْوَمُ لِلشَّهَادَةِ وَاَدْنٰىٓ اَلَّا تَرْتَابُوْٓا اِلَّآ اَنْ تَكُوْنَ تِجَارَةً حَاضِرَةً تُدِيْرُوْنَهَا بَيْنَكُمْ فَلَيْسَ عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ اَلَّا تَكْتُبُوْهَاۗ وَاَشْهِدُوْٓا اِذَا تَبَايَعْتُمْ ۖ وَلَا يُضَاۤرَّ كَاتِبٌ وَّلَا شَهِيْدٌ ەۗ وَاِنْ تَفْعَلُوْا فَاِنَّهٗ فُسُوْقٌۢ بِكُمْ ۗ وَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗ وَيُعَلِّمُكُمُ اللّٰهُ ۗ وَاللّٰهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمٌ
Wahai orang-orang yang beriman! Apabila kamu melakukan utang piutang untuk waktu yang ditentukan, hendaklah kamu menuliskannya. Dan hendaklah seorang penulis di antara kamu menuliskannya dengan benar. Janganlah penulis menolak untuk menuliskannya sebagaimana Allah telah mengajarkan kepadanya, maka hendaklah dia menuliskan. Dan hendaklah orang yang berutang itu mendiktekan, dan hendaklah dia bertakwa kepada Allah, Tuhannya, dan janganlah dia mengurangi sedikit pun daripadanya. Jika yang berutang itu orang yang kurang akalnya atau lemah (keadaannya), atau tidak mampu mendiktekan sendiri, maka hendaklah walinya mendiktekannya dengan benar. Dan persaksikanlah dengan dua orang saksi laki-laki di antara kamu. Jika tidak ada (saksi) dua orang laki-laki, maka (boleh) seorang laki-laki dan dua orang perempuan di antara orang-orang yang kamu sukai dari para saksi (yang ada), agar jika yang seorang lupa, maka yang seorang lagi mengingatkannya. Dan janganlah saksi-saksi itu menolak apabila dipanggil. Dan janganlah kamu bosan menuliskannya, untuk batas waktunya baik (utang itu) kecil maupun besar. Yang demikian itu, lebih adil di sisi Allah, lebih dapat menguatkan kesaksian, dan lebih mendekatkan kamu kepada ketidakraguan, kecuali jika hal itu merupakan perdagangan tunai yang kamu jalankan di antara kamu, maka tidak ada dosa bagi kamu jika kamu tidak menuliskannya. Dan ambillah saksi apabila kamu berjual beli, dan janganlah penulis dipersulit dan begitu juga saksi. Jika kamu lakukan (yang demikian), maka sungguh, hal itu suatu kefasikan pada kamu. Dan bertakwalah kepada Allah, Allah memberikan pengajaran kepadamu, dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

(QS. Al-Baqarah ayat 282)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement