Jumat 26 Jun 2020 17:05 WIB

32 Ruas Jalan untuk CFD akan Prioritaskan Area Pesepeda

Hari bebas kendaraan atau CFD di Jakarta akan digelar di 32 ruas jalan mulai 28 Juni.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Nur Aini
Warga berolahraga saat kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Kawasan Sarinah, Jakarta, Ahad (21/6). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali menggelar kegiatan HBKB atau car free day (CFD) di ruas jalan Sudirman-Thamrin
Foto: Republika/Prayogi
Warga berolahraga saat kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Kawasan Sarinah, Jakarta, Ahad (21/6). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali menggelar kegiatan HBKB atau car free day (CFD) di ruas jalan Sudirman-Thamrin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta telah menyiapkan 32 ruas jalan pengganti Sudirman-Thamrin, untuk Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) di Jakarta pada pekan ini, Ahad (28/6).

Ke-32 ruas jalan CFD pengganti Jalan Sudirman-Thamrin yang berada di lima wilayah kota administrasi Jakarta akan memprioritaskan area bagi pesepeda. Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan melihat antusiasme masyarakat yang akan mengikuti kegiatan untuk berolahraga seperti CFD pekan lalu pada Ahad (21/6), maka Dishub DKI melakukan distribusi pelaksanaan kegiatan olahraga warga di lima wilayah kota Provinsi DKI Jakarta.

Baca Juga

"Dengan distribusi ke lima wilayah kota di 32 kawasan khusus pesepeda, diharapkan warga Jakarta yang akan melakukan aktivitas olahraga dapat langsung menuju ke lokasi olahraga ini, dan lokasi lokasi kawasan khusus persepeda tadi. Sehingga tidak perlu menuju ke Jalan Sudirman-Thamrin," ujar Syafrin, Jumat (26/6).

Dia mengungkapkan alasan digantinya area CFD Sudirman-Thamrin merupakan hasil evaluasi terhadap pelaksanaan CFD Ahad (21/6) pekan lalu di Jalan Sudirman-Thamrin. Di mana terjadi antusiasme masyarakat untuk mengikuti olahraga di kawasan ini sehingga terjadi penumpukan dan keramaian di beberapa titik CFD Sudirman-Thamrin.

Berdasarkan hasil perhitungan Dinas Perhubungan pada 28 lokasi akses ataupun Jalan akses Sudirman-Thamrin, pada CFD kemarin yang memasuki kawasan itu terdapat 40.155 peserta. Mereka terdiri atas 21.342 pejalan kaki kemudian terdapat lebih kurang 18.813 sepeda.

Jumlah itu, kata Syafrin di luar warga yang beraktivitas di CFD kemarin menggunakan MRT Transjakarta atau membawa kendaraan pribadi dan parkir pada gedung-gedung di sekitar Sudirman-Thamrin. "Artinya jumlah peserta yang datang ke HBKB kemarin lebih tinggi dari 40.155 yang kami hitung di 28 jalan akses," ungkap dia.

Oleh sebab itu, Syafrin merujuk sesuai arahan Gubernur DKI melihat antusiasme ini disiapkan 32 ruas jalan di lima wilayah kota Jakarta. Jalan meliputi 8 lokasi di wilayah Jakarta Pusat yaitu: Jalan Suryopranoto, Jalan Percetakan Negara 2, Jalan Pejagalan Raya, Jalan Paseban Raya, Jalan Zamrud Raya, Jalan Amir Hamzah, Jalan Pramuka Sari 1 dan Jalan Danau Tondano. Kemudian 8 ruas lokasi jalan lainnya juga dilaksanakan di Jakarta Barat yaitu Jalan Gajah Mada, Jalan Hayam Wuruk, Jalan Puri Harum, Jalan Puri Ayu, Jalan Puri Elok, Jalan Puri Molek, Jalan Puri Ayu 1, dan Jalan Puri Molek 1.

Selanjutnya untuk di wilayah Jakarta Timur terdapat 5 lokasi yaitu: Jalan Pemuda, Jalan RA Fadillah, Jalan Inspeksi BKT, Jalan Raden Inten dan Jalan Bina Marga. Demikian pula halnya di jakarta selatan terdapat 5 lokasi ruas jalan yang pertama adalah: Jalan layang non tol Antasari, Jalan Sultan Iskandar Muda, Jalan Tebet Barat Dalam Raya, Jalan Kesehatan Raya dan Jalan Cipete Raya.

Sementara untuk di jalan di wilayah Jakarta Utara terdapat 6 ruas jalan yang menjadi kawasan khusus sepeda untuk berolahraga yang pertama adalah: Jalan Danau Sunter Selatan, Jalan Sisi inspeksi Kali Sunter, Jalan Kelapa Hibrida, Jalan Pulau maju bersama, Jalan Benyamin Sueb atau Pademangan Timur dan Jalan Arteri Pegangsaan Dua.

"Selanjutnya untuk Jalan Sudirman-Thamrin kami lakukan peniadaan hari bebas kendaraan bermotor namun di sana tetap dilaksanakan penyiapan jalur sepeda sementara sebagaimana saat ini yang sudah berjalan," ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement