Jumat 26 Jun 2020 17:53 WIB

Hotel di Yogyakarta Siap Sambut Normal Baru

Semua staf hotel diwajibkan untuk memakai masker dan tetap menjaga jarak aman.

Red: Yusuf Assidiq
Salah satu ruangan di Grand Dafam Rohan Jogja.
Foto: Dokumen.
Salah satu ruangan di Grand Dafam Rohan Jogja.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Kalangan perhotelan di Yogyakarta bersiap menyambut tatanan hidup baru atau new normal. Di antaranya Grand Dafam Rohan Jogja, yang bahkan telah menerapkan prosedur standar operasional yang aman sesuai dengan anjuran pemerintah.

"Penerapan ini dilakukan untuk memastikan bahwa tamu tetap merasa aman dan nyaman saat berada di Grand Dafam Rohan Jogja," kata General Manager Grand Dafam Rohan Jogja, Asmoro Handriyanto.

Menurutnya, pada era tatanan baru atau Jogja Wajar Anyar ini, perilaku konsumen dalam bepergian tentunya berubah, kebersihan dan keamanan merupakan prioritas. Memahami kondisi ini, maka Grand Dafam Rohan Jogja menjalankan serangkaian penerapan protokol kesehatan bagi tamu maupun staf hotel.

Ia menegaskan, hotel ini siap melayani kembali pada 1 Juli 2020 mendatang. Pihaknya akan menerapkan standar operasional hotel yang baru, tentunya yang dapat menghadirkan rasa aman dan nyaman bagi tamu.

Beberapa fasilitas sanitasi seperti wastafel lengkap dengan sabun cuci tangan, dan hand-sanitizer  tersedia di beberapa sudut hotel. Prosedur check-in yang aman seperti pengecekan suhu tubuh dan juga penyemprotan cairan disinfektan pada barang bawaan tamu seperti koper juga dilakukan sebagai upaya pencegahan paparan virus.

Kemudian, lanjutnya, physical distancing pun diterapkan pada saat tamu berada di area hotel, terdapat penanda untuk tetap menjaga jarak aman seperti di depan counter resepsionis maupun lift. Selain itu, penyemprotan disinfektan pada kamar, meeting room, maupun public area lainnya juga dilakukan secara berkala.

“Tentunya, selain tamu, kami juga memastikan bahwa semua staf kami juga melalui protokol kesehatan sebelum mulai bekerja, seperti pengecekan suhu tubuh dan menjaga kebersihan diri. Semua staf juga kami wajibkan untuk memakai masker dan tetap menjaga jarak aman selama bertugas,” katanya.

Asmoro menambahkan Grand Dafam Rohan Jogja juga membatasi jumlah tamu yang melakukan kegiatan meeting maupun tamu yang menggunakan fasilitas umum hotel, seperti restoran dan kolam renang. Dalam penerapannya, tamu yang akan mengikuti kegiatan meeting tetap melalui pengecekan suhu tubuh dan pengisian data diri singkat yang mencakup riwayat perjalanan sebelumnya.

Hal ini dilakukan sebagai upaya pemantauan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan tamu. Menjelang Jogja Wajar Anyar, paparnya, Grand Dafam Rohan Jogja menyambut kedatangan tamu dengan memprioritaskan kebersihan dan keamanan sebagai bentuk komitmen dalam memberikan pelayanan terbaik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement