Kamis 02 Jul 2020 15:55 WIB

BNNP Banten Gagalkan Penyelundupan 298 Kilogram Ganja

Dua pelaku membawa ganja dari Aceh untuk diselundupkan di Banten.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Aparat menunjukkan barang bukti ganja yang disita dari pengedar (ilustrasi).
Foto: ANTARA /M RISYAL HIDAYAT
Aparat menunjukkan barang bukti ganja yang disita dari pengedar (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG -- Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Banten berhasil menggagalkan penyeludupan 298 kilogram ganja asal Aceh. Kepala BNNP Banten Brigjen Tantan Sulistyana, mengatakan, pelaku penyeludupan yang berinisial GS (27 tahun) dan MP (26) asal Bandar Lampung telah berhasil diamankan oleh petugas BNN pada Selasa (30/6) di Jalan RE Martadinata Cilegon, Banten, sekitar pukul 00.30 WIB.

"Pengungkapan kasus ini berawal adanya informasi dari masyarakat akan ada mobil truk yang membawa narkotika jenis ganja dari Aceh menuju Banten melalui jalur penyeberangan Bakauheni-Merak," katanya di Kota Serang, Kamis (2/7).

Tantan mengungkapkan kedua pelaku tersebut menyembunyikan ganja ke dalam karung dan disimpan di sela-sela tumpukan peti yang berisi buah alpukat. "Ganja sebanyak 298 kilogram itu mereka sembunyikan ke dalam karung lalu dicampur dengan buah-buahan jenis alpukat," katanya.

Tantan juga menjelaskan, kedua pelaku itu dijanjikan oleh pengirim imbalan Rp 25 juta jika berhasil menyeberang ke Banten. Pihak BNN Banten masih melakukan proses pengembangan jaringan dari kedua pelaku tersebut. "Barang bukti yang dibawa untuk diedarkan di wilayah Banten dan Jakarta itu akan diberi upah sekitar Rp 25 juta, jika berhasil," kata Tantan.

Adapun barang bukti yang diamankan adalah satu unit mobil Hino dengan Nopol F 8830 UK, tiga unit handphone beserta SIM card, satu buah SIM B1 atas nama GS dan 298 bungkus ganja dengan berat 298 kilogram.

"Para tersangka bisa dijerat Pasal 114 ayat (2) juncto Pasal 111 ayat (2) juncto Pasal 132 ayat (1) UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman maksimal hukuman mati," kata Tantan.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يَسْـَٔلُوْنَكَ مَاذَآ اُحِلَّ لَهُمْۗ قُلْ اُحِلَّ لَكُمُ الطَّيِّبٰتُۙ وَمَا عَلَّمْتُمْ مِّنَ الْجَوَارِحِ مُكَلِّبِيْنَ تُعَلِّمُوْنَهُنَّ مِمَّا عَلَّمَكُمُ اللّٰهُ فَكُلُوْا مِمَّآ اَمْسَكْنَ عَلَيْكُمْ وَاذْكُرُوا اسْمَ اللّٰهِ عَلَيْهِ ۖوَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ سَرِيْعُ الْحِسَابِ
Mereka bertanya kepadamu (Muhammad), “Apakah yang dihalalkan bagi mereka?” Katakanlah, ”Yang dihalalkan bagimu (adalah makanan) yang baik-baik dan (buruan yang ditangkap) oleh binatang pemburu yang telah kamu latih untuk berburu, yang kamu latih menurut apa yang telah diajarkan Allah kepadamu. Maka makanlah apa yang ditangkapnya untukmu, dan sebutlah nama Allah (waktu melepasnya). Dan bertakwalah kepada Allah, sungguh, Allah sangat cepat perhitungan-Nya.”

(QS. Al-Ma'idah ayat 4)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement