Senin 06 Jul 2020 12:55 WIB

Bima Arya: Kepadatan KRL Karena Sistem Shift Belum Efektif

Pembagian shift kerja terlalu singkat, yaitu pukul 07.30 WIB dan 10.00 WIB.

Red: Friska Yolandha
Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menegaskan antrean calon penumpang Kereta Rel Listrik (KRL) dari Stasiun Bogor yang sangat panjang terutama pada Senin (6/7) pagi, tidak bisa terus dibiarkan. Pemerintah perlu mencari solusi agar hal ini tak kembali terjadi.
Foto: ANTARA/Aditya Pradana Putra
Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menegaskan antrean calon penumpang Kereta Rel Listrik (KRL) dari Stasiun Bogor yang sangat panjang terutama pada Senin (6/7) pagi, tidak bisa terus dibiarkan. Pemerintah perlu mencari solusi agar hal ini tak kembali terjadi.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menegaskan antrean calon penumpang Kereta Rel Listrik (KRL) dari Stasiun Bogor yang sangat panjang terutama pada Senin (6/7) pagi, tidak bisa terus dibiarkan. Pemerintah perlu mencari solusi agar hal ini tak kembali terjadi.

"Penumpang KRL yang berangkat dari Stasiun Bogor jumlahnya terus meningkat, meskipun belum sampai seperti kondisi normal tapi jumlahnya semakin ramai," kata Bima Arya saat meninjau Stasiun Bogor, Senin.

Baca Juga

Menurut dia, jumlah warga Kota Bogor dan sekitarnya yang akan berangkat kerja ke Jakarta pada Senin pagi dengan kapasitas angkut KRL yang masih dibatasi tidak seimbang sehingga terjadi antrean sangat panjang. "Antrean penumpang yang menumpuk, tidak bisa dibiarkan terus-menerus seperti ini, tapi harus dicari solusi bersama," katanya.

Bima menjelaskan sebelumnya sudah dilakukan rapat koordinasi bersama pemerintah pusat yang dihadiri antara lain oleh Menteri Perhubungan, Menteri Dalam Negeri, serta Gubernur DKI Jakarta, dan Gubernur Jawa Barat. Solusinya, dilakukan pembagian jam kerja dalam dua shift pada kantor-kantor di Jakarta.

Namun, Bima melihat pembagian jam bekerja ini belum berjalan efektif atau waktu pembagian jam kerjanya yang masih sangat singkat, yakni masuk kerja pukul 07.30 WIB dan pukul 10.00 WIB. Sehingga waktu pegawai berangkat kerja masih bersamaan.

"Kemarin saya berbicara dengan Kepala BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) Doni Monardo, beliau mengatakan shift kerja di Jakarta sudah berjalan, tapi pegawai masih berangkat pada waktu bersamaan, sehingga terjadi antrean panjang di Stasiun Bogor," katanya.

Bima menegaskan, pengaturan jam kerja dan pembarangkatan KRL harus dievaluasi lagi untuk dicari solusi bersama yang lebih baik. "Apakah, waktu pembagian jam kerja diatur lebih lama lagi atau waktu pemberangkatan KRL ditambah," katanya.

Bima menyatakan prihatin dengan kondisi penumpang KRL yang harus mengantre panjang dan tetap ramai di dalam gerbong KRL. Di sisi lain, Bima dapat memahami pembatasan jumlah penumpang yang dilakukan oleh PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) untuk menjaga penularan Covid-19.

PT KCI saat ini membatasi jumlah penumpang KRL maksimal hanya 72 orang per gerbong dan harus menerapkan protokol kesehatan yakni memakai masker, menjaga jarak fisik, serta menghindari berbicara dalam gerbong KRL.

Bima mengusulkan untuk dilakukan tes cepat dan tes usap lebih intensif kepada penumpang KRL untuk memetakan kondisi penumpang KRL. "Jika dari beberapa kali rapid test dan swab test, hasilnya selalu negarif, maka akan diusulkan agar kapasitas penumpang KRL ditambah," katanya.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مَنْ يَّرْتَدَّ مِنْكُمْ عَنْ دِيْنِهٖ فَسَوْفَ يَأْتِى اللّٰهُ بِقَوْمٍ يُّحِبُّهُمْ وَيُحِبُّوْنَهٗٓ ۙاَذِلَّةٍ عَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ اَعِزَّةٍ عَلَى الْكٰفِرِيْنَۖ يُجَاهِدُوْنَ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ وَلَا يَخَافُوْنَ لَوْمَةَ لَاۤىِٕمٍ ۗذٰلِكَ فَضْلُ اللّٰهِ يُؤْتِيْهِ مَنْ يَّشَاۤءُۗ وَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ
Wahai orang-orang yang beriman! Barangsiapa di antara kamu yang murtad (keluar) dari agamanya, maka kelak Allah akan mendatangkan suatu kaum, Dia mencintai mereka dan mereka pun mencintai-Nya, dan bersikap lemah lembut terhadap orang-orang yang beriman, tetapi bersikap keras terhadap orang-orang kafir, yang berjihad di jalan Allah, dan yang tidak takut kepada celaan orang yang suka mencela. Itulah karunia Allah yang diberikan-Nya kepada siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Mahaluas (pemberian-Nya), Maha Mengetahui.

(QS. Al-Ma'idah ayat 54)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement