Rabu 08 Jul 2020 09:54 WIB

Kenang Istri, SBY Ciptakan Lagu Berbahasa Jawa

SBY menciptakan lagu berbahasa jawa yang diberi judul 'Gunung Limo'.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Esthi Maharani
Presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)
Foto: Instagram
Presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kembali ciptakan lagu untuk sang mendiang istrinya Ani Yudhoyono. Kali ini SBY menciptakan lagu berbahasa jawa yang diberi judul 'Gunung Limo'.

"Gunung Limo boleh dikatakan menjadi landmark bagi kota Pacitan," kata SBY dalam video yang diterima Republika, Selasa (7/7).

SBY menuturkan dirinya memiliki kenangan manis di Gunung Limo itu. Semasa mudanya ia kerap mengunjungi gunung yang berada di sebelah Timur Kota Pacitan tersebut bersama teman-temannya. Dirinya juga mengungkapkan pernah mengajak Ani bepergian ke kaki Gunung Limo tersebut.

"Saya terinspirasi membuat sebuah lagu untuk mengabadikan kenangan manis saya di Gunung Limo tersebut,” ungkap SBY.

Lagu tersebut kemudian diunggah di akun Instagram 'Ani Yudhoyono In Memoriam' @aniyudhoyono sehari setelah hari ulang tahun mendiang istrinya yang jatuh pada tanggal 6 Juli 2020 kemarin. Lirik dan nada diciptakan oleh SBY, sementara musik dan lagu diaransemen dan dinyanyikan oleh musisi lokal asal Trenggalek, Jawa Timur, Rofik Ali.

Badan Komunikasi Strategi DPP Partai Demokrat Ossy Dermawan mengungkapkan proses pembuatan lagu tersebut terbilang singkat. Proses mixing lagu dan suara dilakukan di studio milik Rofik Ali di Trenggalek Jawa Timur. Termasuk video klip dari lagu ini dibuat hanya menggunakan handphone dan dilakukan oleh Rofik Ali dari kaki Gunung Limo, Pacitan.

"SBY sungguh berharap agar masyarakat dapat menikmati tembang Jawa yang diciptakannya ini," kata pria yang juga Staf Pribadi SBY tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement